Ipda Erwin Suri Tauladan bagi Bhabinkamtibmas Polda Jabar

Ipda Erwin Suri Tauladan bagi Bhabinkamtibmas Polda Jabar
Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus. (Ridwan Abdul Malik)

INILAH, Bandung - Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus mengungkapkan, para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), bisa mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa Almarhum Ipda Erwin Yudha di Polres Cianjur, yang gugur saat menjalankan tugas.

Hal itu disampaikan, Wakapolda dalam kegiatan tatap muka dan arahan As SDM Kapolri, kepada para Bhabinkamtibmas se wilayah Priangan Timur, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, Bhabinkamtibmas, harus senantiasa bekerja ikhlas dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Kejadian yang menimpa Almarhum Ipda Erwin Yudha tidak boleh menjadikan para Bhabinkamtibmas takut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun hendaknya dapat dijadikan cambuk dan motivasi dalam melaksanakan tugas," ucap Akhmad dalam keterangan persnya.

Akhmad mengatakan, Almarhum Ipda Erwin Yudha merupakan pahlawan kepolisian, dan patut menjadi contoh bagi polisi yang lain dalam setiap tugas yang dilakukannya.

"Dia menjadi suri tauladan di mana seorang anggota Polri yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya dan merupakan Bhabinkamtibmas terbaik semasa tugasnya," jelasnya.

Sementara itu, As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri, meminta Bhabinkamtibmas memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga seluruh informasi yang ada di masyarakat dapat diserap. Sehingga ancaman yang ada dapat dicegah dan tidak hanya sebagai pemadam kebakaran.

"Bhabinkamtibmas juga harus memiliki keterampilan deteksi dini, komunikasi sosial, negosiasi, mediasi, kepemimpinan, sehingga mampu memecahkan permasalahan sosial yang ada," katanya.

Selanjutnya kata Eko, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam membangun sinergi dan kepercayaan dengan masyarakat, serta menjadi tempat masyarakat meminta bantuan dan pertolongan.

"Oleh karenanya harus senantiasa menjaga nama baik dan citra Polri serta selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilan, agar bisa update dengan situasi yang ada di masyarakat," pungkasnya.

Perlu diketahui, Ipda Erwin Yudha Mildani merupakan Bhabinkamtibmas di Polres Cianjur. Almarhum mengembuskan nafas terakhir, Senin (26/8) dini hari sekitar pukul 01.38 WIB setelah sebelumnya mendapat perawatan di RS Pusat Pertamina Jakarta Selatan.

Luka bakar yang dideritanya cukup parah. Ipda Erwin terbakar saat berupaya memadamkan ban di tengah kerumunan demo mahasiswa Cianjur.

Tiba-tiba, salah satu oknum pengunjuk rasa melemparkan bahan bakar dan api tersebut langsung menyambar Ipda Erwin dan tiga rekannya. Setelah 11 hari dilakukan perawatan, Ipda Erwin akhirnya meninggal dunia. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...