Tinjau Citarum, Panglima TNI Klaim Perbaikan Sudah 40 Persen

Tinjau Citarum, Panglima TNI Klaim Perbaikan Sudah 40 Persen
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau aliran sungai Citarum di sektor 7 Citarum Harum, Desa Sukamukti, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/2019). (Rd Dani R Nugraha)

INILAH, Bandung- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau aliran sungai Citarum di sektor 7 Citarum Harum, Desa Sukamukti, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/2019). Hadi mengklaim jika perbaikan Sungai Citarum yang sudah berjalan satu tahun lebih ini sudah mencapai 40 persen. 

"Sudah 40 persen perbaikannya,  sudah lebar (sungai), musim kemarau dilakukan pengerukan dan saat hujan air melimpah, aman," kata Hadi usai meninjau aliran Sungai Citarum sekaligus menghadiri bakti sosial TNI untuk masyarakat dalam rangka hari jadi ke-74 TNI, Sabtu (21/9/2019).

Hadi mengatakan,  Sungai Citarum beberapa tahun ke belakang menjadi sorotan dunia sebab kurang bagus. Namun saat ini, setelah program Citarum Harum bergulir sungai menjadi lebih bagus dan memiliki potensi untuk dijadikan objek wisata yang mempunyai nilai jual tinggi.

"Kita memberikan perhatian khusus, dengan program Gubernur, Citarum bisa menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik dan penghijauan. Citarum yang bersih," ujarnya. 

Disinggung soal air  Sungai Citarum saat ini yang masih hitam pekat, ia mengatakan akan segera membersihkannya dengan melakukan penjernihan. Termasuk melakukan penindakan kepada perusahaan yang diduga masih membuang limbah ke Sungai Citarum.

"Itu tahap berikutnya, tadi saya bicara dengan Gubernur akan dilakukan penjernihan dan dibersihkan dulu. Nanti insyaf Allah kembali seperti Citarum dulu," katanya.

 Menurutnya, program Citarum Harum yang akan dilakukan enam tahun ke depan diharapkan mengubah Sungai Citarum Harum menjadi bersih. Dalam kunjungan itu, ia juga sempat meninjau sebuah instalasi penyulingan air yang disuling dari Citarum dan menjadi air bersih layak minum. Ia pun mencoba meminum air Sungai Citarum yang telah disuling tersebut.

"Rasanya seperti  air rumah tangga yang saya minum tiap hari. Air sehat dan layak konsumsi," katanya. Dirinya menambahkan, bakti sosial yang dilaksanakan untuk masyarakat merupakan bentuk kepekaan TNI terhadap permasalahan yang ada di masyarakat seperti kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. Oleh karena itu pihaknya turun langsung ke masyarakat.

Hadi menjelaskan, kegiatan yang merupakan rangkaian HUT ke-74 TNI itu, digelar pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan bakti sosial. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemberian kaki palsu, operasi katarak dan lainnya. 

"Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-74 TNI yang nanti akan dipusatkan di Halim Perdana Kusuma. Apa yang kami lakukan ini bisa diterima masyarakat. Kegiatan juga  tidak hanya pas ulang tahun tapi yang lain juga banyak,"  ujarnya. (Rd Dani R Nugraha)

Loading...