Bupati Anne Kukurusukan Cari Rutilahu

Bupati Anne Kukurusukan Cari Rutilahu
Foto: INILAH/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan dirinya memiliki komitmen besar untuk menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, terutama yang menyangkut kebutuhan layak.

Di mas kepemimpinannya, APBD dioptimalkan untuk pelayanan publik. Ada juga untuk kepentingan penyelesaian pembangunan infrastruktur, program kesehatan, Pendidikan, dan lainnya. Anne pun mengarahkan kepada penuntasan program perbaikan rumah tak layak huni (rutilhu).

Dalam setiap kunjungan ke berbagai daerah, Anne memanfaatkannya untuk menyisir rumah-rumah milik warga yang dinilai kurang layak huni. Saat itu juga, Anne mengintruksikan jajarannya untuk segera memberi bantuan rehab rutilahu tersebut.

“Di kepemimpinan Ambu Anne, program bantuan rutilahu menjadi prioritas,” ujar Anne saat berbincang dengan INILAH, akhir pekan kemarin.

Anne mengaku, sebenarnya Pemkab Purwakarta cukup kesulitan menyalurkan bantuan rutilahu karena tidak memiliki data jumlah rutilihu sebenarnya. Makanya, dirinya kerap menyisir langsung rutilahu dalam setiap kegiatan.

“Yang mendapat bantuan ada dua kategori, yakni rutilahu yang benar-benar tidak layak dan rumah roboh,” jelas dia.

Anne telah mengintruksikan seluruh kepala desa/kelurahan untuk segera mendata dan mengajukan permohonan pembangunan rutilahu. Nantinya, ajuan melalui proposal harus segera diserahkan ke pemda.

“Tahun ini, di Bagian Kesra ada alokasi Rp2 miliar untuk program rutilahu ini,” tambah dia.

Anne menyatakan, masing-masing penerima bantuan rutilahu mendapat Rp15 juta hingga Rp20 juta, tergantung kondisi rumahnya.

Sementara itu, Sri Yulianingsih (50) tak kuat menahan haru. Jumat (20/9/2019) kemarin, perempuan paruh baya asal Kaum Kidul, Kelurahan Cipaisan itu mendapat bantuan rutilahu. Impiannya memiliki kediaman layak direalisasikan Anne.

“Nuhun Ambu atos sumping ka rorompok abdi (terima kasih Ambu sudah datang ke rumah saya). Semoga bantuan dari pemerintah ini bisa sangat bermanfaat,” ujar Sri di kediamannya yang berdindingkan bambu lapuk dimakan usia itu,” ujarnya singkat. (Asep Mulyana)

Loading...