Taman Makam Pahlawan Purwakarta Butuh Perbaikan

Taman Makam Pahlawan Purwakarta Butuh Perbaikan
Foto: Net

INILAH, Purwakarta – Taman Makam Pahlawan Sirna Raga Purwakarta membutuhkan perhatian. Banyak di antara fasilitas makam para pejuang dalam kondisi rusak.

Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Distarkim Kabupaten Purwakarta Kosasih mengatakan, pihaknya mengusulkan anggaran rehabilitasi Taman Pahlawan pada 2020 mendatang.

“Untuk perbaikan makam, kami usulkan anggaran Rp2,5 miliar,” ujar Kosasih, akhir pekan kemarin.

Hasil inventarisasi, kata dia, terdapat banyak titik yang mengalami kerusakan sehingga perlu anggaran cukup besar. Umumnya, kerusakan terdapat pada bagian batu nisan.

“Kebanyakan rusak di bagian batu nisan yang rapuh dimakan usia. Perlu ada perbaikan agar kondisinya tetap dalam keadaan baik,” jelas dia.

Kosasih mengatakan, taman tersebut terus dirawat dan dijaga, baik kebersihan maupun penataan. Pihaknya menerjunkan empat petugas khusus yang merawat taman makan pahlawan tersebut.

“Sebenarnya, kerusakan bukan terjadi karena tidak diperhatikan, melainkan memang sudah perlu perbaikan karena lapuk dimakan usia,” jelasnya.

Kosasih berharap anggaran yang diusulkannya dapat terealisasi supaya kondisi makam tetap terjaga. Keinginannya, Taman Sirna Raga sebagus Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Mudah-mudahan usulan kami diterima,” pungkasnya. (Asep Mulyana)

Loading...