Bogor Disapu Puting Beliung, 500 KK Membutuhkan Bantuan

 Bogor Disapu Puting Beliung, 500 KK Membutuhkan Bantuan

 

INILAH, Bogor-Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau beberapa wilayah pasca kejadian angin puting beliung yang memporak-porandakan wilayah Bogor Selatan. Bima juga mengunjungi rumah duka korban tewas tertimpa pohon di Jalan Lawang Gintung pada Jum'at (7/12/2018) pagi.
Bima mengatakan, tercatat ada 900 rumah yang terdampak musibah angin puting beliung, sebagian besar ada diwilayah Kecamatan Bogor Selatan diantaranya kelurahan Lawang Gintung, Pamoyanan, Cipaku dan Batutulis. Karena itu pihaknya segera mencairkan dana dari anggaran biaya tidak terduga.

"Saat peninjauan tadi banyak yang  rusak berat, ada juga yang rusaknya kategori menengah dan ringan. Tadi juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  telepon dan menanyakan kondisi, selain itu provinsi akan membantu dari biaya tak terduga provinsi Jawa Barat," ungkapnya kepada INILAH.

Bima memastikan warga yang mengungsi dipenuhi kebutuhannya dengan baik, Pemkot Bogor juga membuka untuk bantuan berupa makanan, pakaian dan hal lainnya.

"Sumbangan lainnya juga dibuka atau bantuan tunai untuk pembangunan rumah dari masyarakat juga dipersilahkan. Karena besaran biaya tak terduga Pemkot Bogor  tanggal cair hanya Rp1,5 miliar. Tetapi saya meminta ke Provinsi Jawa Barat Rp5 miliar dan siang ini akan diusahakan," tambahnya.

Bima menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pendataan tercatat ada 400 hingga 500 kepala keluarga (KK) yang benar-benar membutuhkan bantuan segera.

"Ini sangat mendesak, sangat banyak warga yang membutuhkan bantuan," tegasnya.

Bima menuturkan, telah mengunjungi rumah duka, pihak keluarga korban tabah dan sabar. Meski begitu, Pemkot Bogor akan memberikan santunan kepada keluarga korban.

"Semua diikhtiarkan dan kami juga membuka posko bencana dibeberapa titik. BPBD Kota Bogor juga diterjunkan," pungkasnya.