Indramayu Dorong Pelaku UMKN Berinovasi Perluas Pasar

Indramayu Dorong Pelaku UMKN Berinovasi Perluas Pasar
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Indramayu- Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi agar dapat mengakses pasar lebih luas.

"Secara umum produk UMKM dilihat dari kemasan sudah bagus dan standar, namun harus ada inovasi dari olahan produknya," kata Bupati Indramayu Supendi di Indramayu, Minggu (22/9/2019).

Supendi menjelaskan dengan adanya kegiatan gelar produk dan temu bisnis UMKM Juara diharapkan para pelaku UMKM dapat mengakses pangsa pasar usaha yang lebih luas melalui kegiatan bimbingan dan pendampingan UMKM berbasis inovasi.

Kegiatan tersebut merupakan media promosi produk UMKM kepada masyarakat serta pendorong gairah masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Ini merupakan media promosi bagi UMKM, manfaatkan ini untuk melakukan inovasi dan image branding produknya sehingga bisa tembus ke pasaran," ujarnya.

Supendi mengatakan Pemkab Indramayu terus berupaya meningkatkan pemberdayaan dan potensi ekonomi daerah dan pengembangan produk unggulan daerah.

Maka para pelaku UMKM harus meningkatkan peranan komunikasi dan informasi untuk membuka diri dengan memperluas cakupan jaringan promosi tersebut, baik komunikasi antar personal, inter personal dan antar kelembagaan.

"Yang terpenting para pelaku UMKM harus terus berinovasi, sehingga produknya digemari masyarakat dan dilirik pengusaha," katanya.