Persipura vs Persib, Pertahankan Rekor!

Persipura vs Persib, Pertahankan Rekor!
(Bambang Prasethyo)

LAGA Persipura versus Persib digelar di stadion yang kosong. Apapun, wajib bagi Maung Bandung mempertahankan rekornya.

Bagi Robert Rene Alberts, pertarungan melawan Persipura Jayapura dalam lanjutan Kompetisi Liga 1 2019 ini adalah laga yang berbeda. Banyak hal yang membuatnya meyakini pertandingan ini tak seperti laga sebelumnya.

Pertama, kata Alberts, Persipura yang bertindak sebagai tuan rumah tidak menggelarnya di Stadion Mandala Jayapura. Mereka menjamu Persib di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (23/9) ini.

Sudah main di Sidoarjo, pertandingan ini pun digelar tanpa penonton. Tak ada bobotoh yang diizinkan masuk stadion. Tidak pula pendukung klub berjulukan Mutiara Hitam itu.

“Jadi, ini akan menjadi laga yang berbeda,” ujar Alberts di Stadipn Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9).

Sesuai dengan arahan pihak kepolisian, panpel laga kandang Persipura tidak diperkenankan untuk menggelar pertandingan dengan penonton. Alasannya karena waktu persiapan yang terlalu mepet dan untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. 

Meski demikian, Alberts memastikan timnya akan tetap fokus menghadapi pertandingan. Mereka tak memikirkan apakah pertandingan ini boleh dihadiri penonton atau tidak ke stadion.

“Kami akan fokus ke lapangan karena kami mendapat hasil mengecewakan pada laga sebelumnya. Kami ingin menunjukan mampu meraih poin di manapun kali ini,” tuturnya. 

Pelatih asal Belanda ini mengakui tidak mudah mengalahkan Persipura. Terbukti tim berjulukan Mutiara Hitam itu tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan yang telah dilalui sebelumnya.

“Kami juga tidak kalah dalam tiga laga terakhir dan kami ingin melanjutkan catatan itu. Kami ingin memastikan mampu memainkan sepak bola yang menarik dan membawa kami meraih tiga poin,” katanya. 

Karena itu, Robert berharap di laga nanti timnya bisa mengatasi Persipura Jayapura. Sebab hingga laga ke-19 ini Persib masih tertahan di peringkat ke-11 dengan perolehan 21 poin.

“Tentu akan menjadi situasi yang tidak bagus untuk Persipura yang bertindak sebagai tuan rumah, tapi tidak bermain di Jayapura dan tanpa suporternya. Jadi tentunya kami harus mengambil keuntungan tersebut,” katanya.

Target untuk menang, atau setidaknya tidak kalah, patut diapungkan Persib. Mereka pun kudu optimistis. Sebab, catatan sejarah menguntungkan Maung Bandung.

Mereka bahkan dituntut untuk memperpanjang rekor atas Persipura. Rekor apa? Diam-diam, sudah hampir lima tahun Mutiara Hitam tak mampu mengalahkan Persib. Terakhir, kemenangan atas Persib diraih Persipura pada 11 Septembe 2013 lalu. Ketika itu, di Stadion Mandala Jayapura, mereka menang 10 lewat gol tunggal Yustinus Pae.

Sejak itu, Persipura tak pernah menang lagi. Dua perjamuan terakhir Persipura menghadapi Persib berakhir imbang, tanpa gol dan 1-1. Sebaliknya, Persib meruntuhkan Persipura setiap melawat ke Bandung, termasuk pada kesempatan terakhir di pembuka kompetisi, ketiga tiga gol bersarang di gawang pasukan dari Jayapura itu.

Untuk itu, Alberts memastikan pasukannya takkan mengulangi kesalahan ketika gagal memenangkan pertandingan di Liga 1 lawan Semen Padang di laga sebelumnya. Saat itu, Maung Bandung unggul lebih dulu lewat gol Ghozali Siregar, tapi Semen Padang mampu menyamakan kedudukan 1-1. Ironisnya lagi, hadiah penalti yang diberikan wasit, gagal dieksekusi Ezechiel N’Douassel.

“Kami mengalami hal mengecewakan karena kehilangan dua poin di kandang. Jadi kami harus mengevaluasi hal itu untuk menghadapi Persipura,” kata Alberts

Alberts harus melakukan sejumlah perubahan dalam skuatnya menghadapi laga ini. Satu yang pasti, dia harus kehilangan Achmad Jufriyanto yang menjalani sanksi skorsing. Kemungkinan, Indra Mustafa bakal berduet dengan bek sentral Nick Kuipers.

Perubahan lain juga kemungkinan terjadi di lini depan. Eze yang hanya tampil di babak kedua lawan Semen Padang, kali ini bakal jadi starter. Kondisinya sudah bugar meski mendapat kecaman dari bobotoh di laga sebelumnya.

Persipura sendiri belakangan mulai bangkit. Di bawah Jacksen F Tiago, mereka rajin memetik poin. Persipura bahkan tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan. Sebelum pekan lalu ditahan PSS Sleman imbang, mereka membutukan tiga kemenangan beruntun.

Pelatih Jacksen Tiago memiliki cara menghadapi Persib. Bukan peningkatan fisik, namun classroom menjadi pilihan. Menurutnya tidak ada cara lain selain menggelar classroom. Sebab dalam menghadapi Persib ini, timnya hanya mendapatkan waktu tiga hari persiapan. 

“Saya sudah hampir enam tahun bersama anak-anak ini. Kita manfaatkan waktu kita lebih banyak di classroom,” ungkap Jacksen.

Dalam classroom itu Jacksen hanya memberikan pemahaman kepada para pemainnya terutama soal cara bermain. Selain itu, ia pun membuka diskusi untuk menyusun sebuah rencana dalam menghadapi Persib. 

“Mudah-mudahan dengan waktu persiapan yang singkat ini bisa bermanfaat untuk anak-anak menjalankan pertandingan besok dengan baik. Kita bersyukur kalau diberkati dengan kemenangan,” katanya. 

Namun pelatih asal Brasil ini mengaku tidak mengetahui secara rinci permainan Persib di musim ini. Sebab di pertemuan pertamanya, Persipura bukan ditangani olehnya. 

“Tapi Persipura punya tim analisis yang berikan informasi pada tim pelatih dan tim pelatih juga punya catatan tersendiri terhadap lawan. Kita susun,” jelasnya.

Selama ini lanjutnya rencana yang disusun selalu berjalan dengan baik. Alhasil dalam tujuh pertandingan sebelumnya, Persipura tak pernah mengalami kekalahan. 

“Saya juga didukung pemain yang punya IQ cukup tinggi, semangat juang, loyalitas terhadap tim cukup tinggi. Harapan besok semoga kita bisa mempertahankan itu. Kita dalam grafik yang baik sehingga bisa mampu mempertahankan itu,” pungkasnya.

Gelandang Ian Louis Kabes menyebut timnya memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi Persib Bandung. Setidaknya mempertahankan tren positif yang saat ini dicatatkan.

“Kalau kita pemain siap walaupun kita menghadapi jadwal cukup padat. Itu tidak menjadi alasan buat kita untuk tetap siap karena kita dalam tren positif. Kita harus jaga itu,” tegas Ian Kabes. (Muhammad Ginanjar)

5 LAGA TERAKHIR PERSIPURA
19/09/19 : PSS-Persipura 1-1
15/09/19 : Persipura-Persela 2-0
11/09/19 : Persipura-Persija 2-0
23/08/19 : Barito Putera-Persipura 0-4
19/08/19 : Borneo FC-Persipura 1-1
5 LAGA TERAKHIR PERSIB
18/09/19 : Persib-Semen Padang 1-1
14/09/19: Tira Persikabo-Persib 1-1
30/08/19: Persib-PSS 1-0
25/08/19: Badak Lampung-Persib 1-1
18/08/19: PSM-Persib 3-1
5 PERTEMUAN TERAKHIR
18/05/19 : Persib-Persipura 3-0
15/10/18 : Persipura-Persib 1-1
12/05/18 : Persib-Persipura 1-0
28/08/17 : Persipura-Persib 0-0
07/05/17 : Persib-Persipura 1-0

PRAKIRAAN PEMAIN
Persipura (4-3-3): Dede: (ka-ki) Yustinus, Ricardo, Ribiero, Yohanis; (ka-ki) Tahir, Conteh, Ferre; (ka-ki) Boaz, Samassa, Kabes.
Pelatih: Jacksen F Tiago

Persib (4-4-1-1): Wirawan: (ka-ki) Supardi, Kuipers, Indra, Ardi; (ka-ki) Febri, Aziz, Nazari, Vizcarra; van Kipperslaus; Eze.
Pelatih: Robert Rene Alberts