Instagram Uji Fitur Penghemat Baterei, Seperti apa?

Instagram Uji Fitur Penghemat Baterei, Seperti apa?
Instagram kabarnya tengah menguji coba sebuah fitur untuk menghemat baterai perangkat.

INILAH, Bandung-Instagram kabarnya tengah menguji coba sebuah fitur untuk menghemat baterai perangkat.

Fitur tersebut adalah dark mode alias mode gelap yang dapat meminimalisasi penggunaan cahaya yang bisa menguras baterai smartphone.

Mengutip Forbes, fitur itu ditemukan oleh sejumlah pengguna yang menggunakan Instagram versi beta.

Mereka melaporkan bahwa aplikasi Instagram yang mereka buka, secara otomatis beralih menjadi gelap ketika tema gelap pada Android diaktifkan.

Mode gelap tersebut mengubah warna dominan menjadi hitam. Warna tersebut dapat mengurangi ketegangan pada mata dan membuat baterai perangkat tidak tersedot dengan cepat.

Sebab, bagi smartphone dengan layar OLED, warna gelap tersebut dihasilkan dari piksel hitam yang tidak mengeluarkan cahaya.

Awalnya para pengguna mengira bahwa mode gelap Instagram ini hanya muncul untuk pengguna Android 10. Namun kemudian fitur tersebut juga ditemukan oleh sejumlah pengguna smartphone Samsung yang belum mengadopsi Android 10.

Mereka juga mendapati Instagram berubah menjadi gelap ketika Night Mode pada smartphone Samsung itu diaktifkan.

Dengan demikian, mode gelap pada Instagram juga dapat ditemukan meski perangkat yang bersangkutan masih menggunakan Android versi sebelumnya.

Selain dapat menghemat baterai perangkat, mode gelap dipercaya memiliki sejumlah keunggulan ketimbang mode biasa. Salah satunya adalah melindungi mata pengguna dari cahaya terang pada latar putih di sejumlah aplikasi Android.

Selain itu, mode gelap ini juga sangat berguna jika pengguna melihat layar smartphone dalam kondisi cahaya yang minim, seperti malam hari. Rasa silau yang dialami mata pengguna akan dapat diminimalisir. (inilah.com)