Anggaran Pilkada Kabupaten Bandung 2020 Sebesar Rp99 Miliar

Anggaran Pilkada Kabupaten Bandung 2020 Sebesar Rp99 Miliar

INILAH, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020 mendatang. Hibah yang disetujui Pemerintah Kabupaten Bandung untuk KPU itu terhitung sebesar Rp99 miliar yang terbagi dalam dua tahun anggaran.

"Pembahasan kami dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah dilaksanakan sejak Maret lalu dan akhirnya mengerucut pada nilai tersebut. Alhamdulilah sudah tercapai kesepakatan sebesar kurang lebih Rp99 miliar, hari ini kami akan melakukan penandatanganan naskah NPHD dengan Bupati Bandung," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, Selasa (1/10/2019).

Dikatakan Agus, anggaran sebesar Rp99 miliar itu dihitung berdasarkan kebutuhan Pilkada 2020 yang mengacu pada nilai indek pemilih yakni sebesar Rp41.950 per jiwa. Nilai ini sudah sesuai kebutuhan semua tahapan yang harus dilaksanakan KPU. Hibah sebesar Rp99 miliar itu diberikan Pemkab Bandung dalam dua tahun anggaran yakni 2019 dam 2020 mendatang. Untuk 2019 sekarang ini, nilainya sebesar Rp225 juta dan selebihnya akan diberikan tahun depan.

"Ini sudah diusahakan sepresisi mungkin sesuai kebutuhan dan dihitung berdasarkan satuan harga dan indeks pemilih. Jika dibandingkan dengan daerah lain nilai indeks pemilihnya memang ada yang nilainya di bawah tapi ada juga yang di atas kami. Insyaalloh sesuai dengan kebutuhan tahapan yang akan kami jalani," katanya.

Agus melanjutkan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup Bandung 2020 datanya diambil dari hasil Pemilu terakhir yang disandingkan dengan data DP4. Kata dia, pada pemilu terakhir yakni Pilpres dan Pileg lalu jumlah DPT Kabupaten Bandung kurang lebih sebanyak 2,3 juta pemilih.

"Tahapan dimulai pada 1 November yakni diawali dengan sosialisasi tahapan Pilkada, kemudian sosialisasi syarat dukungan pencalonan perorangan," ujarnya. (Dani R Nugraha)