Gegara Ujaran Kebencian, Klub Italia Pecat Pelatihnya

Gegara Ujaran Kebencian, Klub Italia Pecat Pelatihnya

INILAH, Milan - Banyak pelatih dipecat karena performa timnya tak meyakinkan. Tapi tidak dengan Tommaso Casallini. Dia ditendang klubnya gara-gara mengolok-olok aktivis lingkungan remaja, Greta Thunberg.

Tomasso Casallini adalah pelatih klub Serie D Italia, US Grosseto 1912. Dia dipecat klub tersebut setelah melakukan serangan ujaran kebencian terhadap Greta Thunberg, aktivis perubahan iklim asal Swedia yang baru berusia 16 tahun.

Aktivis muda Swedia itu menyita perhatian dunia setelah menyampaikan pidato pada pertemuan perubahan iklim yang diselenggarakan PBB, bulan lalu. Dia mengecam para pemimpin dunia yang tak bersuara atas ancaman perubahan iklim.

Banyak yang terpesona, tapi tidak dengan Tommaso Casallini. Dia bahkan menebar ujaran kebencian melalui akun facebooknya.

US Grosseto 1912 yang bermain di level keempat Liga Italia, seperti dilaporkan sejumlah media, langsung memecat sang pelatih tak lama setelah postingannya muncul di media sosial itu.

"Unione Sportiva Grosseto 1912 menyampaikan pemecatan asisten pelatih, anak muda Tommaso Casallini atas kelakuannya yang tak sejalan dengan nilai-nilai moral klub. Bagi klub, nilai-nilai moral berada di atas kemampuan manajemen," tulis klub tersebut.

Setelah dipecat klub, Casallini membuat postingan kedua. Kali ini isinya permintaan maaf dan memastikan dia menyesal atas insiden tersebut.

"Saya secara terbuka menyampaikan permintaan maaf kepada semua orang, mulai dari Greta Thunberg, atas apa yang saya tulis di Facebook pekan lalu," ujarnya.
 

Loading...