Tak Ada Laporan Warga Kab Bandung Terjebak di Wamena

Tak Ada Laporan Warga Kab Bandung Terjebak di Wamena
(Antara Foto)

INILAH,Bandung- Pemerintah Kabupaten Bandung hingga saat ini belum menerima laporan soal keberadaan warganya yang ada di Wamena Provinsi Papua.

Koordinasi terus dilakukan dengan Pemprov Jabar untuk memantau keberadaan warganya di Wamena yang sempat bergejolak beberapa waktu lalu dan menyebabkan eksodusnya ribuan orang keluar dari sana.

"Warga Kabupaten Bandung yang ada di Wamena belum ada kabar sampai saat ini. Tidak ada informasinya warga kita disana. Karena informasinya di sana itu kebanyakan warga Minang, walaupun ada Jawa, kebanyakan warga Jawa Tengah dan Jawa Timur, kalau Jawa Barat kebanyakan di Sorong Papua Barat," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Setda Kan Bandung, Marlan, Kamis (3/10/2019).

Dikatakan Marlan,  sejauh ini kondisi Wamena sudah mulai kondusif dan dari sisi sosial juga sudah kembali normal. Namun Marlan berharap jika ada warga Kabupaten Bandung di Wamena, semoga tidak terjebak konflik di Wamena Papua. 

"Biasanya kalau ada seperti itu, kami terjun langsung untuk menangani. Kami koordinasi juga dengan provinsi sejauh ini belum ada juga informasi kalau warga Jabar atau Kabupaten Bandung yang terkena dampak dari persoalan di Wamena," ujarnya.

Sementara situasi di Kabupaten Bandung sendiri menurutnya juga masih kondusif mengingat jumlah warga Papua di Kabupaten Bandung terbilang sedikit. Berbeda dengan di daerah perkotaan, misalnya di Kota Bandung yang jumlahnya bisa banyak. 

"Kebanyakan warga Papua itu ada Kota Bandung, biasanya ada Asrama Mahasiswa Papua. Kami pantau di Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Bandung misalnya Telkom University, juga tidak ada gejolak masih aman dan kondusif," ujarnya. 

Marlan menambahkan kebiasaan warga Jawa Barat khususnya orang Sunda yang ramah dan mudah sosialisasi diharapkan bisa diterima dengan baik di manapun berada, termasuk di Papua. Selain itu orang-orang Papua juga dengan mudah berbaur dengan para pendatang termasuk orang Jawa Barat.

"Kalau ada warga Kabupaten Bandung yang keluarganya terjebak konflik di Wamena silakan melapor dan kami akan bantu. Dan kami berharap masalah ini segera selesai dan kembali kondusif sehingga warga manapun aman berada disana," katanya. (rd dani r nugraha).

Loading...