Garut-Damyang Korsel Jajaki Kerjasama Komoditas Unggulan Pertanian

Garut-Damyang Korsel Jajaki Kerjasama Komoditas Unggulan Pertanian
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Sebagai upaya menjajaki kerjasama pengembangan perbenihan dan pemasaran komoditas unggulan pertanian, Bupati Garut Rudy Gunawan menerima kunjungan Bupati Damyang Korea Selatan Hyung Sik Choi. Rombongan dari Negeri Ginseng itu berkunjung ke rumah dinas bupati di Pamengkang Pendopo Garut, Kamis (3/10/2019).

Komoditas pertanian yang akan dikerjasamakan antara lain kentang, strawberry, bawang putih, dan tomat.

Rudy menyebutkan, kedatangan Bupati Hung Sik Choi beserta rombongan merupakan balasan berkaitan program Pemerintah Pusat menyangkut kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan secara nasional.

“Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan teknologi bidang pertanian yaitu kultur jaringan dan screen house,” ujarnya.

Menurutnya, Garut berkeingingan mengembangkan laboratorium besar kerja sama dengan PTPN VIII untuk tiga komoditas unggulan bidang hortikultura. Khususnya kentang, bawang putih, strawberry, dan tanaman eksotis.

”Kerja sama ini akan dilaksanakan dengan PTPN VIII, Pemda Garut, dan Pemda Korea, serta pengusaha di sana (Korea Selatan) dengan pengusaha di sini. Dan kebetulan yang cocok itu di daerah Karaha Kecamatan Karang Tengah, dan satu lagi Kecamatan Cikajang,” ujarnya.

Untuk kebutuhan kerjas ama tersebut, Rudy menuturkan pihaknya menyediakan lahan seluas 200 hektare. Selain itu, pihaknya un menyiapkan lahan seluas 20 hektare yang diperuntukkan bagi pembangunan laboratorium di Karang Tengah.

“Nanti ini akan dikembangkan dan diambil Pemerintah Pusat. Sementara, keuntungan buat Garut yang pertama petani mendapatkan bibit yang berkualitas sehingga nanti yang namanya bawang putih tidak lagi impor. Produksi sekarang cuma 1,8 ton bawang putih, nantinya itu bisa di atas 10 ton,” ucap Rudy.

Dari pantauan, turut menyambut kedatangan rombongan dari Korsel itu antara lain Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wilyono, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Garut. (Zainulmukhtar)