Pilkades Serentak 2019, Pertarungan Politik Internal Keluarga Menurun Drastis

Pilkades Serentak 2019, Pertarungan Politik Internal Keluarga Menurun Drastis

INILAH, Bandung - Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, pihaknya menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019. Kali ini, hajat demokrasi di tataran akar rumput itu diikuti 199 desa.

Dia menyebutkan, kini tingkat partisipasi calon dalam Pilkades Serentak 2019 itu relatif meningkat. Selain itu, para calon kades yang bertarung dengan anggota keluarganya menurun drastis. Menurutnya, dari 199 desa yang menggelar Pilkades itu hanya satu desa yang calonnya bertarung melawan istrinya.

"Setahu saya, ada satu di Desa Cikoneng Ciparay yang berkompetisi masih dengan keluarga. Kalau di daerah lain, pertarungan politik itu tidak dengan istrinya tapi dengan saudaranya. Saya kira, sekarang yang head-to-head dengan family itu sangat sedikit. Jadi, animo peminatnya sekarang sangat tinggi," kata Dadang, Jumat (4/10/2019).

Secara umum, dia menuturkan sebagai persiapan Pilkades Serentak 2019 itu pihaknya melakukan bimbingan teknis (Bimtek) Santiaji bersama unsur Muspida lainnya.

"Kemarin, kami sudah melakukan Bimtek Santiaji seluruh panitia. Kami juga sudah melakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang sifatnya menonjol," ujarnya.

Kepada masyarakat luas, Dadang mengimbau agar bisa menjaga kondusivitas dan menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing. Apalagi, pelaksanaan pemilihan itu bukan hal baru bagi masyarakat.

"Kita ini sudah punya pengalaman dalam Pemilu. Kalau ada hal beda pendapat, diharapkan tidak jadi bertengkar. Mari jaga persatuan dan kesatuan," ucapnya seraya menyebutkan pilihlah pemimpin yang amanah, rasional, dan memiliki visi memimpin desanya untuk kemajuan. (Dani R Nugraha)

Loading...