Yanti Janji Kemudahan Modal Pengusaha Produk Hewan

Yanti Janji Kemudahan Modal Pengusaha Produk Hewan
INILAH, Cibinong - Pemerintah Kabupaten Bogor bakal mempermudah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mendapatkan modal. Termasuk UKM di sektor produk hewan.
 
Bupati Nurhayanti menyatakan hal tersebut saat membuka Festival Produk Hewan Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) yang digelar Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor di Cibinong, Selasa (11/12/2018).
 
Nurhayanti menjelaskan, festival ini banyak diikuti produk hewan rumahan, seperti rendang kaleng dan di antaranya bahkan sudah masuk di salah satu menu makanan di salah satu penerbangan di Indonesia.
 
"Ini tentu binaan yang baik yang sudah dilakukan oleh Disnakan," ujarnya kepada wartawan.
 
Dia mengakui, tidak massifnya pelaku usaha masih terkendala modal yang masih belum menemukan titik terang, disebabkan pinjaman menggunakan agunan yang sering tidak disanggupi oleh pelaku usaha kecil.
 
"Tentu kita ingin ke depannya mereka akan difasilitasi," kata Yanti.
 
Dari salah satu penciri, yakni produksi ikan konsumsi air tawar, untuk menjadi Bogor Termaju di Indonesia, setidaknya sudah terlampaui dan pencapaiannya hingga mencapai 80%.
 
"Kita terbanyak memberikan ikan hias dan konsumsi. Bahkan permintaan dari Jabodetabek sudah menjadi yang paling besar. Kalau di sini kebutuhan 20%, sisanya untuk kebutuhan diluar," terangnya.
 
Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Siti Farikah menambahkan, festival ini sebagai bahan edukasi, informasi serta menggaet minat masyarakat dalam mengonsumsi produk hewan yang aman.
 
"Ini sarana promosi produk UKM dari jenis hewan dan ikan," katanya.
 
Dia berharap, dengan kesiapan para pelaku UKM mampu menghadapi persaingan global. Terlebih, peserta yang hadir terdiri dari 36 UKM yang berprestasi dari tingkat kabupaten hingga nasional dan bahkan sudah menjelani marketnya hingga ekspor.
 
"Produknya macam-macam, ada susu, olahan ikan, telur dan berbagai jenis olahan hewan lainnya," kata dia.

Loading...