Antisipasi Banjir dan Longsor, Diskar PB Imbau Warga Jaga Lingkungan

Antisipasi Banjir dan Longsor, Diskar PB Imbau Warga Jaga Lingkungan

INILAH, Bandung,- Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana mengingatkan kepada warga sejumlah bencana berpotensi terjadi di Kota Bandung di saat musim hujan, diantaranya banjir dan longsor.

Dadang mengungkapkan, wilayah yang menjadi rawan longsor dan banjir di antaranya kawasan Punclut, Ujungberung, dan Cicaheum.

Menjelang musim penghujan, Dadang mengajak warga waspada bencana dengan melakukan antisipasi dini. Ia mengimbau kepada warga menggiatkan membersihkan lingkungannya masing–masing, seperti membersihkan sungai.

“Aliran sungai kita itu kecil tapi debit air besar. Jika sungai itu tidak terbendung dan bisa jebol. Masyarakat harus memiliki rasa empati terhadap lingkungan. Caranya? Dengan memeliharanya,” kata Dadang.

Dadang mengungkapkan, sebagai langkah antisipasi, Diskar PB melakukan koordinasi dengan unsur kewilayahan. Salah satunya dengan melakukan kegiatan lingkungan, seperti membersihkan sungai.

“Kordinasi dengan aparat kewilayahan, kemudian Danramil, kapolsek sebagai upaya persiapan menghadapi musim hujan,” katanya. (okky adiana)