Bakesbangpol Kota Bandung Dorong Terwujudnya SDM Unggul dan Berdaya Saing

Bakesbangpol Kota Bandung Dorong Terwujudnya SDM Unggul dan Berdaya Saing
Bakesbangpol Kota Bandung Dorong Terwujudnya SDM Unggul dan Berdaya Saing

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung menggelar kegiatan Kemah Pancasila II bagi anggota Paskibra se Kota Bandung. Kegiatan digelar sebagai upaya mendorong terwujudnya generasi muda yang unggul dan berdaya saing.

Anggota Paskibra se-Kota Bandung mengikuti kegiatan Pancasila Camp II atau Kemah Pancasila yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, di Rancaupas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari berturut-turut hingga 9 Oktober 2019 tersebut, dimaksudkan untuk turut mendorong terwujudnya generasi-generasi muda Kota Bandung yang berdaya saing dan unggul berdasarkan Pancasila.

Acara yang dibuka langsung Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Ferdi Ligaswara ini disambut antusias anggota Paskibraka. Dengan penuh antusias mereka pun larut dalam rangkaian acara demi acara. Terlebih, kemasan acara juga dikemas dengan serius tapi santai.

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengungkapkan, kegiatan Kemah Pancasila merupakan upaya Bakesbangpol dalam menguatkan nilai Pancasila dan cinta Tanah Air di kalangan generasi muda khususnya anggota Paskibra.

Harapannya menurut Ferdi, disamping menjadi kegiatan yang mengasyikan, melalui Kemah Pancasila ini pihaknya ingin memberikan pembekalan bagaimana menjadi SDM yang berdaya saing dan unggul dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.

"Pendidikan Kemah Pancasila merupakan bentuk kegiatan yang di dalamnya terdapat pendidikan nilai-nilai Pancasila. Tujuannya adalah bagaimana kita membentuk penyempurnaan diri masing-masing individu dan melatih kemampuan untuk menuju ke arah hidup yang lebih baik," ujarnya.

Menurut Ferdi, melalui kegiatan Kemah Pancasila, generasi muda Kota Bandung juga dituntun untuk memiliki kemampuan yang optimal dalam mengembangkan dan memberdayakan potensi dirinya. Disamping itu lanjut Ferdi, Kemah Pancasila ini menjadi sebuah upaya Bakesbangpol Kota Bandung dalam membangun mental kalangan muda untuk dapat berkontribusi terhadap bangsa dan negara. "Ini tentu saja menjadi bagian dari pendidikan karakter untuk membangun sumber daya manusia yang mandiri, berdaya saing dan unggul berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," tegasnya.

Lebih lanjut Ferdi menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. Peserta yang semuanya merupakan bibit-bibit unggul Kota Bandung juga mendapat bekal pendidikan lainnya selama mengikuti kegiatan.

Ferdi menegaskan, dalam menjalankan tupoksinya, Bakesbangpol Kota Bandung selama ini terus melakukan serangkaian kegiatan dalam mendorong karakter generasi muda Kota Bandung memiliki mental juara. Sehingga di masa mendatang, Kota Bandung akan terus melahirkan calon-calon pemimpin negeri yang memiliki kapasitas, berdaya saing, unggul dan mandiri.

Ferdi juga mengapresiasi para peserta yang begitu antusias mengikuti rangkaian acara demi acara. Dia berharap, Kemah Pancasila tersebut benar-benar menjadi kegiatan tepat sasaran khususnya dalam membentik generasi muda unggul dan berdaya saing dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.(*)

 

Loading...