Ponsel Dicuri? Amankan Akun Google dengan Cara Ini

Ponsel Dicuri? Amankan Akun Google dengan Cara Ini
Ilustrasi/Net

SELAIN autentikasi dua faktor, pengunci paten, atau sensor pengenal wajah, Google juga menyiapkan beberapa fitur yang dapat diaktifkan saat seseorang kehilangan ponsel Android mereka.

Memang tidak sepenuhnya membantu mengembalikan ponsel, namun beberapa fitur Android ini memastikan bahwa akun pribadi Anda tidak bisa diakses orang lain tanpa izin.

Biasanya, orang yang sudah paham akan sistem keamanan Android akan mengakses Android Device Manager (ADM) untuk melacak ponselnya yang tercuri. ADM bisa memberikan lokasi terakhir ponsel secara akurat, selama ponsel aktif.

Namun, jika Anda tidak menggunakan pengunci layar, si pencuri bisa langsung membuka informasi pribadi Anda, termasuk Gmail.

Menurut How to Geek, ketika kehilangan ponsel Android, Anda bisa langsung menghentikan akses akun Google. Caranya adalah dengan masuk ke akun Gmail, bisa lewat ponsel lain atau PC, kemudian masuk ke menu Security.

Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada daftar perangkat yang telah menggunakan akun Gmail. Pada bagian ada tulisan Manage Device, pilih menu tersebut dan akan muncul ponsel yang terhubung tadi.

Pilih seri ponsel yang hilang, kemudian ketuk Remove. Anda akan diminta konfirmasi sekali lagi saat akan sepenuhnya menghentikan akses Gmail dari ponsel yang hilang. Setelah itu, Gmail akan memberikan notifikasi bahwa akses Gmail Anda telah dicabut dari ponsel tercuri.

Secara teknis, akun Gmail Anda tidak sepenuhnya terhapus, hanya saja sudah tidak bisa diakses lewat ponsel tersebut.

Untuk sepenuhnya menghapus, kembali ke Settings, kemudian masuk ke pilihan Account. Setelah mengetuk akun Gmail, Anda bisa pilih Remove Account. Dengan begitu, akun Gmail yang memegang data penting Anda sudah sepenuhnya terhapus.

Langkah ini cukup penting ketika ponsel Android Anda hilang. Tapi, apabila ingin menjual ponsel tersebut, ada baiknya memanfaatkan mode factory reset, untuk menghapus semua aplikasi, akun, dan pengaturan yang telah tersimpan.

Cara ini jauh lebih cepat ketimbang harus satu per satu menghapus aplikasi, walaupun aplikasi yang terpasang tidak sampai lima macam. [inilahcom]