Bogor Susun Kalender Pariwisata, Sudah 30 Usulan Masuk

Bogor Susun Kalender Pariwisata, Sudah 30 Usulan Masuk

INILAH, Bogor – Akhir Oktober ini, Pemkab Bogor akan mengekspos kalender event ke Kementerian Parawisata. Dinas Kebudayaan dan Parawisata bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan komunitas melakukan penyusunannya, Kamis (10/10/2019) ini.

Kabid Pemasaran Disbudpar Kabupaten Bogor Titi Sugiarti kepada INILAH mengatakan penyusunan kalender event ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti festival, helaran, lomba, gebyar, karnaval dan lainnya demi menarik minat kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Bumi Tegar Beriman.

“Sesuai arahan Bupati Bogor yang meminta sektor wisata menjadi unggulan, setiap kegiatan SKPD, OPD maupun komunitas menjadi event parawisata. Dalam event tersebut kita juga akan mempromosikan hasil produk usaha kecil menengah (UKM), Industri Kecil Menengah (IKM) dan objek wisata hingga untuk mendukung event tersebut kondisi insfrastruktur jalannya harus bagus," kata Titi.

Dia menuturkan dalam rapat penyusunan kalender ini setidaknya ada 30 event yang sudah diusulkan SKPD maupun OPD. Jumlah itu akan bertambah karena Disbudpar akan meminta pengajuan agenda olahraga, budaya dan parawisata dari para komunitas yang ada di Bumi Tegar Beriman.

“Kalender event yang kami susun hari ini akan diekspose ke Sekda, Sekda lalu mengeksposemya ke Bupati Ade Yasin dan setelah dipilih maka Bupati Bogor akan mempromosikan tersebut ke Kementerian Parawisata," tuturnya.

Untuk menyusun kalender event tahun 2020 mendatang, Disbudpar Kabupaten Bogor berkaca dari Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Karawang. Walaupun begitu Titi optimis event parawisata di Kabupaten Bogor akan bisa lebih hebat lagi dari dua daerah tersebut.

“Kabupaten Bogor itu kaya akan potensi alam, budaya, sejarah, kuliner dan juga olahraganya, contohnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Ketahanan Pangan yang akan mengadakan event marathon, sepeda gunung serta lomba pangan sehat dan bergizi," ungkap Titi. (reza zurifwan)
 

Loading...