Ridwan Kamil: Perusahaan Tambang Batu Bermasalah Bakal Ditindak Tegas

Ridwan Kamil: Perusahaan Tambang Batu Bermasalah Bakal Ditindak Tegas
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menginginkan adanya penindakan tegas atas rusaknya sejumlah rumah di Kabupaten Purwakarta akibat peledakan batu. Dia telah berkoordinasi dengan Kapolda Jabar untuk menyikapi insiden itu. 

Diketahui, insiden terjadi Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Selasa (8/10/2019). Sedikitnya, tujuh rumah dan satu sekolah mengalami kerusakan akibat ledakan tersebut. Lokasi tambang batu di Desa Sukamulya sendiri berada dibawah kendali PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).
 
"Saya sudah koordinasi dengan Kapolda, segera menindak tegas," ujar Ridwan Kamil, Kamis (10/10/2019).

Dia menilai, terdapat kesalahan prosedur yang dilakukan perusahaan hingga menyebabkan hujan batu besar merusak rumah warga. Hal tersebut, menurut dia, merupakan kelalaian dari perusahaan. 

"Mungkin ada izinnya, kalau pun tidak, prosedur keamanan pasti tidak diperhatikan, ini kecerobohan pidana," katanya.

Dia memastikan, pihaknya bakal mengevaluasi perusahaan tambang di Purwakarta dan daerah lainnya di Jabar untuk memastikan insiden serupa tak terulang. 

"Kita evaluasi jangan sampai rakyat Purwakarta jadi korban cuma karena satu dua perusahaan. Kapolda sedang bergerak. Tapi harus sesuai kadar kesalahannya. Bisa kita cabut," jelasnya. (Rianto Nurdiansyah) 

Loading...