Bosan Itu-itu Saja? Wisatawan Bisa Kunjungi Situ Cisaat

Bosan Itu-itu Saja? Wisatawan Bisa Kunjungi Situ Cisaat

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta melalui Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud setempat, terus menyisir seluruh lokasi yang dianggap potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Salah satu yang dibidik yakni keberadaan situ yang tersebar di sejumlah desa. 

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menuturkan, pihaknya melirik potensi lain yang bisa dikembangkan untuk jadi obyek wisata. Apalagi, hasil inventarisasi jajarannya hampir seluruh desa di wilayah ini memiliki potensi pariwisata, baik wisata alam maupun wisata buatan.

“Sayang, sejauh ini belum tergali dengan maksimal. Makanya, kami akan terus berupaya mendorong supaya masyarakat sadar wisata,” ujar Irfan, Jumat (11/10/2019).

Atas dasar itu pula, sambung Irfan, sampai saat ini pihaknya memfokuskan untuk menyisir lokasi-lokasi yang dianggap potensial untuk dikembangkan tersebut. Adapun lokasi yang potensial yang bisa dikembangkan ini yakni Situ Cisaat di Kecamatan Campaka.

“Kami lihat, lokasi ini bisa dikembangkan untuk objek wisata,” jelas dia. 

Menurut dia, potensi-potensi di sektor pariwisata ini harus dikelola secara maksimal, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat sekitar. Karena dari situlah, dia berpendapat, dapat memajukan perekonomian.

Untuk itu, sambung dia, tak hanya survei dalam hal ini pihaknya juga akan turut membantu mendorong masyarakat supaya bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor wisata yang ada di wilayah mereka. Salah satunya, dengan melakukan pembinaan langsung ke masyarakat.

Dia meyakini, dengan memaksimalkan pengembangan wisata di setiap desa, dipastikan akan membuat roda perekonomian masyarakat juga turut meningkat. Karena, secara otomatis perputaran uang akan semakin masif.

“Kalau berkembang, otomatis akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar. Selain itu, juga dipastikan akan melahirkan ekonomi kreatif di masyarakat,” jelas dia.

Dia menambahkan, pihaknya optimis Situ Cisaat bisa berkembang menjadi lokasi wisata alam unggulan lainnya. Apalagi, pemerintah pun telah membangun sarana penunjangnya ke wilayah tersebut. Yakni, akses jalur darat yang dibangun melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Detail Engineering Design (DED) juga sudah ada. Bahkan, pemprov juga telah menetapkan Cisaat menjadi lokasi yang bisa dikembangkan untuk pariwisata,” tambah dia.

Sementara itu, jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0619 Purwakarta, sejak 2 Oktober kemarin telah memulai program TMMD ke 106. Ada dua kegiatan dalam program tersebut. Yakni, kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik, yakni berupa pembangunan pengecoran jalan sepanjang 650 meter yang merupakan akses penghubung desa, termasuk pelebarannya menjadi 4 meter dan membangun gorong-gorong dan Tembok Penahan Tebing (TPT).

“Untuk pembangunan jalan, progresnya kurang lebih sudah 30 persen,” ujar Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho.

Adapun untuk kegiatan non fisik-nya, sambung dia, di antaranya rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) di lima titik, pembangunan poskamling, serta penyempurnaan bangunan masjid yang ada di desa tersebut.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut jajarannya juga turut terlibat dalam penyuluhan berbagai program pemerintah kepada masayrakat sekitar. Semisal, soal KDRT, Trafficking, penaggulangan HIV/AIDS, hingga terkait ketahanan pangan. (asep mulyana)
 

Loading...