Kujang Plogging Day, Bebersih Lingkungan ala Karyawan PKC

Kujang Plogging Day, Bebersih Lingkungan ala Karyawan PKC
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Jumat (11/10/2019) siang, ada pemandangan tak biasa terlihat di kawasan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) Karawang. Ratusan karyawan dari perusahaan BUMN itu terlihat menyemut di beberapa titik di kawasan tersebut. 

Ada apa? Memang, banyak kalangan yang bertanya-tanya dengan kondisi tak biasa ini. Apalagi, ratusan karyawan ini terlihat membawa alat ‘perang’. Ya, alat perang berupa peralatan kebersihan semisal sapu lidi dan kantong plastk besar.

Manajer Komunikasi PKC Ade Cahya Kurniawan menjelaskan terkait hal tersebut. Ini diakuinya merupakan program baru yang digulirkan perusahaannya. Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kegiatan ini merupakan program Kujang Plogging Day. Ini merupakan kegiatan baru yang digulirkan perusahaan kami khusus karyawan,” ujar Ade.

Ade menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari kampanye perusahaannya akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan yang terjaga kebersihannya itu otomatis pola hidup bersih dan sehat pun terjaga. 

Dalam kegiatan ini, karyawan yang hadir diminta untuk mengumpulkan sampah yang ada di sekitar kawasan perusahaan. Mereka, harus berjalan kaki menyusuri setiap sudut kawasan untuk memungut sampah.

“Dalam kegiatan pagi tadi, total sampah yang dikumpul kurang lebih ada 280 kg. Bayangkan, kalau kegiatan ini terus digalakan, niscaya kebersihan di kawasan perusahaan pun akan tetap terjaga. Terpenting bagi kami, kegiatan ini juga bisa dilakukan di lingkungan para karyawan,” jelasnya.

Ade menambahkan, program Kujang Plogging Day ini juga sekaligus meramaikan kegiatan ‘Viral 500K’ yang diinisiasi PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai holding dari PKC. Tujuan pentingnya, tentu untuk mengajak para karyawan supaya bisa lebih mencintai perusahaan dengan cara menjaga lingkungannya tetap bersih dan sehat.

“Selain itu, kegiatan ini untuk memupuk kekompakan antarkaryawan. Sehingga, hubungan antar karyawan akan semakin kompak atas gotong royong yang dilakukan,” tambahnya.

Rencananya, kegiatan ini akan digalakan secara kontinyu setiap tiga bulan sekali. Bahkan, bisa jadi kegiatan ini menjadi program untuk mengajak masyarakat sekitar guna melakukan aktivitas yang sama. (Asep Mulyana)

Loading...