Simone Biles Samai Rekor Medali Senam Terbanyak Dunia

Simone Biles Samai Rekor Medali Senam Terbanyak Dunia
Simone Biles. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Ratu senam Amerika Serikat Simone Biles menyamai rekor medali kejuaraan dunia senam terbanyak sepanjang sejarah, dengan 23 medali, yang sebelum ini dipegang pesenam putra Belarus Vitaly Scherbo.

Biles memperoleh medali ke-23 tersebut setelah menjuarai nomor meja lompat putri pada Sabtu yang juga merupakan medali emas kejuaraan dunia ke-17 yang dia rebut sepanjang kariernya.

Pesenam berusia 22 tahun itu tinggal satu medali lagi untuk bisa merebut predikat pesenam paling banyak memperoleh medali sepanjang sejarah dari Vitaly Scherbo. Peluang ini sangat besar tercipta karena dia akan kembali berlaga pada dua partai final yang berlangsung hari ini 13 Oktober dalam kejuaraan dunia senam 2019 di Stuttgart.

Biles sempat berpeluang memperoleh medali kedua pada Sabtu, namun gagal setelah finis urutan kelima pada palang bertingkat putri di belakang juara nomor ini Nina Derwael dari Belgia yang mempertahankan gelar juara dunia yang setahun lalu dia sabet di Doha.

Biles sebelumnya merebut medali emas ketiganya dalam sepekan pada meja lompat putri dengan mengumpulkan 15,399 poin di atas rekan senegaranya Jade Carey, yang mendapatkan medali perak, sedangkan pesenam Inggris Ellie Downie merebut medali perunggu.

Juara Olimpiade empat kali itu juga memenangkan medali emas nomor semua alat putri dan beregu putri pekan ini untuk memperpanjang rekor pesenam paling banyak memperoleh medali emas di dunia.

Biles mempertahankan gelar juara dunia meja lompat yang dia menangkan di Doha tahun lalu dengan unggul pada dua kesempatan dengan menuntaskan dua setengah puntiran pada upaya keduanya.

Kurang satu tahun sebelum Olimpiade Tokyo, dia berpotensi meninggalkan Stuttgart dengan memboyong lima medali yang dua di antaranya berpeluang dia rebut dari nomor final balok keseimbangan putri dan senam lantai hari ini. (Antara)

Loading...