Pakaian Adat Daerah Warnai Pembukaan Baubau Expo

Pakaian Adat Daerah Warnai Pembukaan Baubau Expo
Foto: Net

INILAH, Baubau - Pembukaan pameran Baubau Expo dalam rangkaian hari jadi Baubau ke-478 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Baubau ke-18 sebagai daerah otonom, di Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu, dihadiri ratusan undangan mengenakan pakaian dengan kain tenun adat daerah itu.

Para peserta pameran pembangunan itu menggunakan pakaian dari tenunan sentuhan adat daerah dipadukan dengan kampurui (kain pengikat kepala pria).

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya  berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat daerah itu yang tidak pernah berhenti untuk mencurahkan bakti, daya dan upaya dalam akselerasi kemajuan pembangunan di Kota Baubau.

"Berbagai karya pembangunan yang telah kita capai selama ini tentunya merupakan buah kerja keras semua, baik pemerintah, swasta,dan masyarakat," ujar Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mewakili Wali Kota Baubau saat membuka Baubau expo yang digelar di alun-alun pingiran pantai kotamara.

Meskipun demikian, kata dia, disadari bahwa stagnasi pembangunan masih terjadi di beberapa aspek dan menjadi tantangan ke depan, yang membutuhkan sentuhan dan perhatian pemangku kepentingan di daerah untuk pembenahan sesegera mungkin.

"Saya mengajak kepada seluruh komponen pembangunan di daerah ini untuk menjadikan momen hari ulang tahun Kota Baubau sebagai momentum mentransformasi semangat bersama dalam berkarya dan berinovasi," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, memberikan masukan yang konstruktif, bukan sebaliknya yang pada akhirnya menciptakan isu-isu negatif yang dapat menghambat pembangunan berkelanjutan.

Ia mengatakan, secara khusus pihaknya bersama masyarakat bersyukur pada momen tersebut dapat menyaksikan perhelatan peringatan hari jadi Baubau ke-478 dan hari ulang tahun ke-18 Kota Baubau sebagai daerah otonom tahun 2019.
 
"Dengan semangat kita mewujudkan pembangunan menuju Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya," kata Monianse yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Baubau ini

Pembukaan pameran pembangunan yang ditandai dengan pemukulan gong itu dihadiri forkopimda Baubau, Sekda Baubau Roni Muhtar, sejumlah anggota DPRD setempat, kepala OPD lingkup Pemkot Baubau, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan tokoh pemuda.

Usai pemukulan gong, wakil wali kota bersama forkopimda langsung mengunjungi gerai-gerai pameran yang diisi dari OPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan swasta. (ant)

Loading...