Asyik, Ada Fasilitas Hotel di Kawasan Waduk Jatiluhur

Asyik, Ada Fasilitas Hotel di Kawasan Waduk Jatiluhur
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat peresmian hotel di kawasan Waduk Jatiluhur. (asep mulyana)

INILAH, Purwakarta - Kawasan Waduk Ir Djuanda (Jatiluhur) Kabupaten Purwakarta sampai saat ini masih memiliki pesona yang luar bagi para pelancong.

Sebagai pengelola waduk buatan itu, Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, tentunya harus terus berbenah diri. Salah satunya, dengan menyiapkan sarana prasarana penunjang untuk sektor pariwisata di kawasan tersebut.

Sejauh ini, PJT II telah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang bagi pengunjung. Kini, ada tambahan fasilitas lain yang disiapkan, yakni sebuah hotel yang lokasinya tak jauh dari bibir danau.

Sebenarnya, dulu memang banyak terdapat penginapan dengan konsep bungalo dan resor. Hanya saja, di 2016 lalu terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan hampir seluruh bangunan penginapan di lokasi tersebut.

"Saat ini, lokasi itu kita bangun kembali, namun konsepnya jadi perhotelan," ujar Dirut PJT II Jatiluhur U Saefuddin Noer saat peresmian hotel tersebut di kawasan Jatiluhur, Minggu (13/10/2019).

Menurut dia, fasilitas hotel ini terintegrasi dengan wisata alam di kawasan ini. Bahkan, kata dia, hotel ini bisa juga digunakan untuk acara-acara resmi, pelatihan-pelatihan atau diklat.

"Tentu bisa digunakan juga oleh pengunjung yang ingin bermalam di kawasan Jatiluhur secara komersial," tambah dia.

Di tempat sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan perusahaan BUMN ini. Apalagi, hal ini guna menunjang sektor pariwisata di wilayahnya.

"Munculnya hotel-hotel seperti ini tentunya turut membantu pemerintahan dalam menyiapkan sarana penunjang untuk sektor pariwisata," ujar Anne.

Dalam hal ini, pihaknya juga mendorong supaya PJT II bisa turut memperhatikan sektor UMKM di wilayah ini. Sehingga, perekonomian masyarakat di sekitar kawasan tersebut bisa turut terdongkrak.

Anne menambahkan, selama ini Purwakarta memiliki tempat wisata unggulan yang lokasinya di pusat kota. Yakni, Taman Sribaduga (Situ Buleud). Menurutnya, kawasan Waduk Jatiluhur ini juga termasuk suguhan menarik bagi warga yang doyan berwisata. (Asep Mulyana)

Loading...