Pemprov Jabar Gelar Festival Pencak Silat 2019

Pemprov Jabar Gelar Festival Pencak Silat 2019
Foto: Rianto Nurdiansyah

INILAH, Bandung - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar bakal menggelar Festival Pencak Silat. Agenda tahunan digelar sebagai wahana mencetak generasi muda berprestasi dan terhindar dari kegiatan negatif.

Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna mengatakan, festival itu digelar sebagai pelestarian pencak silat sebagai olahraga warisan harta takbenda dan budaya bangsa Indonesia. Kali ini, hajat itu diikuti 27 perwakilan dari kota/kabupaten se-Jabar. 

"Semoga festival ini dapat memberikan inovasi dan kolaborasi budaya bangsa, sehingga menunjang perwujudan masyarakat juara lahir dan batin," kata Engkus saat membuka Festival Pencak Silat 2019 di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).

Dia mangatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kontribusi dari berbagai daerah di Jabar yang selalu konsisten mengirimkan kontingen pada gelaran ini. 

"Saya sangat bangga terhadap Pencak Silat Jawa Barat, mudah-mudahan ini dapat dijadikan salah satu indikator partisipasi masyarakat untuk tetap memelihara dan melestarikan beladiri budaya masyarakat pencak silat yang cukup tinggi," paparnya. 

Agar event festival Pencak Silat dapat berkesinambungan setiap tahunnya, pihaknya pun berupaya terus menjaga sinergitas yang sudah terjalin. Itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan budaya di negeri ini. 

Dia mengatakan, tujuan utama digelarnya festival ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar berolahraga. Sehingga menjadikan warga Jabar sehat secara jasmani dan kian produktif. 

Sementara itu, Ketua Harian IPSI Jabar Soni Harsona mengatakan pihaknya mengapreasi kegiatan festival yang sudah menjadi agenda rutinitas tersebut. Dia menilai, festival ini merupakan kegiatan positif yang menunjang pelestarian budaya.

"Untuk itu, jangan sampai kegiatan yang sudah menjadi agenda rutinitas pemerintah terhenti, kita apresiasi kepeduliannya," tuturnya. (Rianto Nurdiansyah) 
 

Loading...