BEM PTAI se-Jabar Siap Sukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

BEM PTAI se-Jabar Siap Sukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Jabar mendeklarasikan diri mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Maruf Amin. Selain itu, mereka juga mengecam tindakan anarkisme yang kerap dilakukan massa aksi mahasiswa di Jawa Barat.

Ketua Presidum Silatuhrahmi dan Sarasehan Forum Komunikasi BEM/Dema PTAI se-Indonesia Wilayah Jabar Samsul Anwar mengatakan, dukungan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, secara konstitusional Jokowi-Maruf Amin telah terpilih melalui Pilpres yang sah.

Oleh karena itu, menurutnya sudah seyogyanya mahasiswa dapat turut serta mensukseskan pelantikan tersebut. Bukan malah menodai dengan aksi demonstrasi anarkis.

"Kita jelas mendukung pemerintahan. Sudah jelas secara konstitusional sudah terpilih jadi apa boleh buat. Kita ini negara yang harusnya sudah dewasa dan beradab. Tapi kadang-kadang kan ada saja yang melakukan kericuhan dengan motif-motif tertentu," ucap Samsul di titik 0 Kilometer Kota Bandung, Jalan Asia-Afrika, Rabu (16/10/2019).

Lebih lanjut, Samsul menduga aksi anarkis yang terjadi beberapa waktu lalu saat unjuk rasa di Kota Bandung, ada beberapa dugaan dikoordinir berbagai kelompok-kelompok mahasiswa. Seperti yang disampaikan pihak kepolisian, jika ada kelompok Anarko dalam kericuhan tersebut.

"Tapi kalau menurut saya, itu sebaliknya. Massa Anarko yang dikoordinir dengan yang lain (mahasiswa)," ujarnya.

Samsul menambahkan, mahasiswa merupakan agen perubahan dan sekaligus penyambung lidah rakyat. Kendati demikian, jika aksi yang dilakukan mahasiswa mulai mengarah pada tindakan anarkis, itu bukanlah ciri seorang mahasiswa.

"Kita ketahui bersama bahwa semua elemen masyarakat mendukung dan ingin melihat suasana pelantikan Pemimpin Negara kita yakni Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kalau ada demo, justru akan menimbulkan opini yang buruk gitu bagi pemerintah kita bagi pelantikan itu sendiri," pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut sebanyak 19 perguruan tinggi yang turut tergabung dalam BEM PTAI, menyatakan dua sikap. Di antaranya, mendukung untuk pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kedua, BEM PTAI mengucapkan selamat terhadap pasangan presiden dan wakil presiden terpilih itu semoga bisa menjadi pemimpin yang amanah dan profesional demi kemajuan bangsa Indonesia. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...