Yana Minta Orang Tua Sering Ngobrol dengan Anak

Yana Minta Orang Tua Sering Ngobrol dengan Anak

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana kembali mengajak kepada orang tua untuk selalu berkomunikasi dengan anak-anaknya. Dia yakin, komunikasi adalah modal utama dalam ketahanan keluarga.

"Ketahanan keluarga sebagai unit dasar yang berperan penting dalam menghasilkan SDM berkualitas. Sehingga, mampu menepis masalah sosial yang terjadi, seperti sosial, ekonomi, bahkan budaya," kata Yana, Kamis (17/10/2019).

Yana menegaskan, setiap keluarga dituntut untuk memelihara bahkan meningkatkan ketahanannya antara fisik dan kemampuan ekonomi. Seperti, kebutuhan dasar pangan, pendidikan, dan kesehatan serta religius. "Komitmen dan komunikasi menjadi hal penting. Maka harus efektif dalam berkomunikasi di lingkungan keluarga," tuturnya.

Di samping itu, Yana menyarankan agar psikologis setiap keluarga harus baik. Ketahanan psikologi sebagai garda utama untuk mengelola emosi agar menghasilkan konsep diri yang positif. "Ini masuk dalam kebutuhan kita, maka setiap keluarga harus terkendali mulai fisik bahkan psikologisnya," ujar Yana.

Terkait dengan perkembangan zaman, Yana berpesan agar orang tua mampu mengawasi penggunaan media sosial anak-anaknya. "Ini harus menjadi perhatian lebih. Peran orang tua harus ada dalam pengawasan anak-anaknya ketika beraktivitas menggunakan medsos," tegasnya. (okky adiana)

Loading...