DKP Usul Bangun Sodetan dan Waduk demi Maksimalkan Hasil Panen

DKP Usul Bangun Sodetan dan Waduk demi Maksimalkan Hasil Panen
Ilustrasi (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - Untuk memaksimalkan hasil pertanian maupun meningkatkan persentase ketahanan pangan Bumi Tegar Beriman yang baru mencapai 61 persen, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor Soetrisno mengusulkan, agar pemerintah pusat membangun sodetan dari Bendungan Ciawi ataupun Sukamahi, Megamendung, ke arah Kecamatan Sukaraja dan Babakan Madang.

"Saat ini pertanian maupun perkebunan di wilayah Sukaraja maupun Babakan Madang kebanyakan hanya satu kali masa panen karena hanya mengandalkan air dari tadah hujan. Dengan dibangunnya sodetan dari Bendungan Ciawi ataupun Sukamahi, Megamendung, saya yakin para petani bisa panen dua kali dalam setahun," ucap Soetrisno kepada Inilah, Kamis (17/10/2019).

Mengenai biaya ataupun wewenang pembangunan sodetan, Soetrisno menyerahkan hal tersebut ke Kementerian Pertanian sementara dinasnya siap membantu membuatkan kajian. "Biaya pembangunan sodetan ini cukup besar hingga tidak bisa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor. Sebaiknya menggunakan APBN melalui pos anggaran Kementerian Pertanian," katanya.

Selain membangun sodetan dari Bendungan Ciawi ataupun Sukamahi, Megamendung. Jajarannya juga mendukung langkah Pemkab Bogor yang telah mengusulkan pembangunan Waduk Cijuray di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari.

"Pembangunan Waduk Cijuray ini bisa mengairi sawah tadah hujan seluas 15 ribu hektare sehingga hasil pertanian maksimal dan persentase ketahanan pangan Kabupaten Bogor meningkat ke 70 persen," tutur Soetrisno.

Hasil panen komoditi pertanian dan perkebunan yang bakal maksimal dengan dibangunnya sodetan dan Waduk Cijuray, mantan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan ini menjelaskan, komoditi padi, bawang merah, bawang putih, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

"Kami harap rencana pembangunan sodetan dan waduk ini terwujud karena dengan maksimalnya hasil panen maka kesejahteraan keluarga petani di wilayah-wilayah tersebut juga pasti meningkat," lanjutnya. (Reza Zurifwan)

Loading...