Sony Siapkan PlayStation VR2 untuk Konsol PS5

Sony Siapkan PlayStation VR2 untuk Konsol PS5
istimewa

INILAH, Bandung-Sony kabarnya tengah mengembangkan perangkat headset PlayStation Virtual Reality (VR) generasi kedua mereka yang bakal menunjang konsol PS5.

Berdasarkan dokumen paten yang diungkap oleh LetsGoDigital, Sony tengah mematenkan perangkat yang ditujukan untuk memproses data (data processing).

Meski tidak disebutkan namanya, ada kemungkinan perangkat tersebut adalah PlayStation VR2 lantaran punya desain yang mirip dengan PlayStation VR generasi pertama.

Di dalam paten yang telah dirilis oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada 3 Oktober ini, Sony turut mencantumkan sejumlah gambar perangkat tersebut, termasuk beberapa komponen yang menempel di alat yang bisa disebut kacamata VR ini.

Jika dilihat secara detail, meski tampak serupa dengan PlayStation VR, ada beberapa fitur menarik yang disebutkan di dalam paten tersebut.

Headset VR ini dibekali dengan dua kamera di bagian depan dan satu kamera di bagian belakang.

Ada pula sejumlah lampu LED yang menempel di sekeliling kacamata VR ini guna memantau pergerakan pemain, beserta mikrofon yang kini telah terpasang di headset.

Untuk dapat membaca gerakan pemain lebih akurat, satu kamera tambahan juga bakal disematkan aksesoris pengendali game VR besutan Sony, PlayStation Move.

Tidak seperti pendahulunya, PlayStation VR2 juga bakal memiliki fitur wireless yang memungkinkan kacamata VR itu disambungkan ke PS5 tanpa menggunakan kabel.

Ada pula mode transparan pada kacamata VR generasi kedua ini. Dengan mode tersebut, bagian depan PlayStation VR2 bakal bisa berubah menjadi lapisan tembus pandang yang kemudian bisa berfungsi untuk fitur Augmented Reality (AR) dan kacamata konvensional.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah paten yang memuat PlayStation VR2 ini bakal diwujudkan dalam produk asli atau tidak, lantaran pihak Sony belum mengumbar informasi terkait kacamata VR ini.

Sebagai informasi, Sony sempat meluncurkan PlayStation VR generasi pertama pada Oktober 2016. Kala itu, kacamata VR ini memungkinkan pengguna untuk memainkan aneka game virtual reality pada konsol PS4.

Jadi, bukan tidak mungkin Sony mengembangkan PlayStation VR2 untuk konsol PS5. Kita nantikan saja bersama. (inilah.com)

Loading...