Toyota Luncurkan Yaris Generasi Terbaru

Toyota Luncurkan Yaris Generasi Terbaru
istimewa

INILAH, Bandung-Toyota Motor Corporation memperkenalkan Yaris generasi keempat dengan perubahan meliputi eksterior, kenyamanan, handling, hingga fitur keselamatannya.

Yaris generasi terbaru dibekali dengan desain yang lebih segar, lebih compact, dan lebih sporty. Mobil hatchback andalan Toyota ini memperkenalkan filosofi Toyota's New Global Architecture (TNGA) ke segmen mobil yang lebih compact.

Toyota akan secara resmi memamerkan Yaris generasi terbaru ini ke hadapan publik di ajang Tokyo Motor Show 2019 pada 24 Oktober mendatang. Di Jepang dan Eropa, mobil ini akan tiba di diler mulai akhir tahun ini.

"Ini menandai kiprah 20 tahun sejak Yaris pertama debut, jadi kami ingin membangun mobil compact generasi baru yang jauh melampaui persepsi pelanggan tentang kelas, dengan menitikberatkan kekuatan Yaris sebagai mobil compact dengan pembenahan platform, powertrain, dan semua komponen lainnya," kata Yasunori Suezawa, Chief Engineer Toyota Motor Corporation yang bertanggung jawab dalam pengembangan Yaris terbaru ini.

"Mobil compact digunakan oleh banyak orang, jadi menawarkan kendaraan yang menyenangkan adalah prioritas, tapi juga mendorong kami untuk menggunakan Yaris sebagai titik awal mobil dengan tingkat efisiensi bahan bakar tertinggi di dunia dan teknologi keamanan yang aman," lanjutnya.

Yaris generasi pertama diciptakan pada 1999 sebagai mobil kompak berstandar global. Selama hampir 20 tahun, Toyota menghadirkan dua generasi Yaris berikutnya yang juga dipoles dengan berbagai perubahan.

Yaris yang menjadi kompetitor Honda Jazz, Mazda2, dan Suzuki Swift itu sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih ringan, kuat dan lebih aman.

Tampilan eksterior dan dimensi

Wheelbase Yaris terbaru kini lebih panjang 50 mm. Hal tersebut memastikan mobil hatchback lebih lincah dan mudah dikendalikan saat berkendara di dalam kota maupun saat parkir.

Toyota menyebut tinggi Yaris lebih rendah 40 mm tanpa mengurangi ruang kepala di dalam kabin. Pasalnya, Toyota telah menyempurnakan tata letak interior Yaris, termasuk tempat duduk yang lebih rendah untuk penumpang dan pengemudi.

Toyota mengklaim konsep desain Yaris teranyar ini lebih berani, cepat dan cantik. Mobil ini menggambarkan konsep berlari dengan akselerasi lincah seperti sebuah peluru.

Raksasa otomotif Jepang ini berusaha membuat desain eksterior mobil yang mengemas daya berlimpah sehingga Yaris generasi terbaru tampak seolah siap lepas landas dalam waktu singkat.

Gaya lampu utama yang tajam memberi ekspresi berani pada wajah depan Yaris. Sementara bagian buritan dirancang lebih segar pada bagian kombinasi lampu belakang yang diintegrasikan dengan jendela belakang.

Interior

Interior mobil ini diklaim menyediakan suasana luas dan nyaman. Penampang tipis pada panel instrumen memberikan kesan yang luas.

Ditambah lagi dengan setir berdiameter kecil sehingga kabin terkesan lebih luas dan sporty.

Berbagai fitur diadopsi untuk mengekspresikan kualitas interior kelas yang lebih tinggi, termasuk layar dual digital TFT untuk panel instrumen, serta konsol yang lebih luas dan peningkatan penyimpanan barang.

Mesin, transmisi, dan suspensi

Untuk urusan mesin, Toyota menggunakan mesin Dynamic Force Engine 1.500cc baru tiga silinder segaris. Ada juga pilihan mesin 1.000cc tiga silinder.

Pilihan lainnya ada Yaris Hybrid yang menggabungkan mesin 1.500cc generasi terbaru dengan sistem Hybrid sehingga mewujudkan efisiensi bahan bakar terbaik.

Mesin-mesin itu dihubungkan dengan transmisi CVT. Untuk mesin 1.500cc ada juga pilihan transmisi manual 6-percepatan.

Semua tipe Yaris hadir dengan penggerak roda depan. Namun, ada juga pilihan penggerak empat roda untuk Yaris dengan mesin 1.500cc direct-shift CVT. Untuk sistem hybrid juga tersedia penggerak E-Four atau electric four wheel drive.

Toyota Yaris dibekali suspensi depan MacPherson Struts yang menyediakan handling yang lincah tapi nyaman. Sedangkan di belakang suspensi torsion beam yang menawarkan stabilitas dan kenyamanan berkendara atau suspensi two-link double wishbone untuk Yaris dengan penggerak empat roda.

Fitur keselamatan

Tak hanya berubah secara tampilan, Yaris generasi keempat ini juga ditambahkan fitur keselamatan. Untuk pertama di kelasnya, Yaris menggabungkan airbag tengah untuk melindungi penumpang di kursi depan jika terjadi tabrakan samping.

Yaris juga mengadopsi sistem keselamatan pra-tabrakan yang bisa mendeteksi keberadaan kendaraan, pejalan kaki, dan pengendara sepeda untuk mencegah tabrakan atau mengurangi kerusakan.

Sistem terbaru dapat mencegah kecelakaan saat berbelok di persimpangan dengan mendeteksi kendaraan yang melaju serta pejalan kaki yang menyeberang jalan.

Toyota juga menambahkan Low Speed Acceleration Control untuk mendukung pencegahan tabrakan yang disebabkan oleh kesalahan pengemudi saat menginjak pedal.

Ada pula fitur active cruise control di semua kecepatan, lane-centring, automatic high beam, hingga road sign assist yang menampilkan rambu lalu lintas yang ditangkap kamera agar pengemudi tidak lengah melihat rambu.

Yaris terbaru juga sudah memiliki Secondary Collision Brake yang berkontribusi untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh tabrakan sekunder.

Secondary Collision Brake dan lampu rem akan diaktifkan secara otomatis jika sensor SRS airbag mendeteksi tabrakan dan mengaktifkan airbag. Sistem ini akan memperlambat kendaraan untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh tabrakan sekunder.

Semua model Yaris dibekali dengan Display Audio dan Head Up Display untuk mengurangi pergerakan mata pengemudi. Tata letaknya memungkinkan pengemudi tetap berkonsentrasi dan mengurangi kelelahan.

Fitur parkir otomatis

Untuk pertama kalinya, Yaris kini dilengkapi dengan fitur Advanced Park. Sistem tersebut didasarkan pada konsep otomatisasi Toyota untuk menjadikan mobil dan pengemudi bertindak sebagai mitra.

Sistem ini membuat Yaris bisa memarkir sendiri secara otomatis sehingga pengemudi tak perlu repot lagi. Sistem akan mengendalikan kemudi, gas, dan rem. Pengemudi hanya perlu mengoperasikan persneling untuk mengganti gigi maju atau mundur sesuai instruksi.

Untuk menggunakannya, pengemudi tinggal menekan sebuah tombol di konsol tengah dan mengklik tombol 'P' di layar tengah.

Sistem akan memperingatkan pengemudi dengan suara yang dapat didengar dan menerapkan pengereman untuk membantu menghindari tabrakan kecil. Sistem itu didukung oleh kamera dan sensor ultrasonik untuk memantau sekitar mobil.

Dengan mengatur tempat parkir terlebih dahulu, sistem juga dapat parkir di tempat-tempat tanpa garis putih. (inilah.com)

Loading...