Valverde Ingin El Clasico Digelar Sesuai Jadwal

Valverde Ingin El Clasico Digelar Sesuai Jadwal
Ernesto Valverde. (Net)

INILAH, Barcelona - Ernesto Valverde ingin laga El Clasico tetap digelar sesuai jadwal. Sebelumnya muncul usulan agar pertandingan dipindah lokasi serta dijadwal ulang.

Katalunya tengah diramaikan oleh serangkaian aksi demonstrasi menyusul penangkapan aktivis pro-kemerdekaan. Bentrokan antara pengunjuk rasa dan pihak kepolisian kerap terjadi yang menyebabkan situasi tidak kondusif.

LaLiga selaku operator Liga Spanyol sudah meminta kepada Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) memindahkan laga El Clasico jilid pertama yang harusnya digelar di Nou Camp, Sabtu (26/10/2019), ke Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid.

Permintaan tersebut cukup beralasan bila melihat situasi Katalunya yang masih bergejolak. Apalagi, duel El Clasico bisa dipastikan menyedot pihak keamanan dalam jumlah yang sangat besar.

Usulan LaLiga tidak mendapat dukungan dari Barca maupun El Real, mereka sepakat tetap ingin menggelar El Clasico sesuai dengan jadwal. Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada keputusan yang dibuat RFEF terkait permasalahan tersebut.

Walaupun demikian, Valverde tetap yakin El Clasico bisa berlangsung sesuai jadwal. Ia berkaca pada situasi yang hampir serupa pada 2017 lalu, saat itu ada permintaan agar laga Barca versus Atletico Madrid ditunda disebabkan ada referendum kemerdekaan Katalunya dari Kerajaan Spanyol.

"El Clasico sudah dijadwalkan tanggal 26 Oktober dan saya yakin pertandingan akan berjalan tanpa masalah, tetap menghormati lawan dan semua orang yang terlibat di dalamnya," kata Valverde dalam jumpa pers jelang laga melawan Eibar.

"Saya tidak tahu keputusan seperti apa yang akan diambil oleh Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol. Kami akan menjalankan apapun yang diputuskan."

"Situasinya sama pada tanggal 1 Oktober 2017 saat referendum Kataluna dan sepekan kemudian kami bermain di Wanda Metropolitano dimana setiap orang mengharapkan pertandingan dramatis dan setiap orang bebas mengekspresikan dirinya tanpa masalah."

"Masih ada ruang untuk manuver. Masih ada sembilan hari lagi (jelang El Clasico)," ia memungkasi.

Sebelum menghadapi Real Madrid, Barca terlebih dulu melawat ke kandang Eibar pada pekan kedelapan LaLiga. Los Blaugrana sementara berada di peringkat dua klasemen dengan mengemas 16 poin, mereka berjarak dua angka dari Real Madrid di puncak klasemen. (Inilahcom)

Loading...