Longsor di Lembang, Akses Tiga Desa Sempat Terputus

Longsor di Lembang, Akses Tiga Desa Sempat Terputus

INILAH, Ngamprah – Insiden bencana longsor terjadi di Jalan Ciputri Kampung Sukarame, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (15/12/2018). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

 

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, longsor yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB tersebut sempat membuat akses warga terputus. Imbasnya warga harus mencari jalur alternatif dengan jarak sejauh lima kilometer.

 

Pasca hujan, puluhan warga di dua desa dibantu relawan serta TNI berinisiatif menyingkirkan material tanah yang menimbun jalan meski terkendala peralatan dan minimnya penerangan.

 

Kasi Trantib Kecamatan Lembang, Amas mengatakan longsor tebing setinggi 10 meter dan panjang 10 meter ini terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Lembang sepanjang hari Sabtu.

 

"Hujan cukup tinggi, ditambah, diatas tebing tidak ada pepohonan yang mampu menahan resapan air. Memang, lokasi di sini adalah langganan longsor setiap kali musim hujan," kata Amas kepada wartawan, Minggu (16/12/2018).

 

Menurutnya, material longsor yang menutup jalan setinggi 2 meter segera disingkirkan, lantaran jalan ini merupakan satu-satunya akses terdekat dari dan ke beberapa desa, dan sangat vital sebagai jalur alternatif menuju ke objek wisata jika di jalur utama Lembang terjadi kemacetan.

 

"Jalan ini menghubungkan tiga desa, yakni Desa Langensari, Wangunharja dan Cikidang. Selain itu, jalan ini juga sebagai jalur alternatif kendaraan para wisatawan," ujarnya.

 

Warga berupaya membuka jalan dengan alat seadanya, seperti cangkul dan sekop karena alat berat sangat sulit menjangkau lokasi. Bahkan, warga berinsiatif membakar ban sebagai alat penerangan karena kondisi di lokasi sangat gelap.

 

Menurutnya, jalan kembali bisa dilalui kendaraan setelah semua material longsor disingkirkan. Agar aman dilalui kendaraan, Amas mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemadam kebakaran agar sisa material longsor bisa langsung dibersihkan.

 

"Alhamdulillah, hingga pembersihan jalan pada tengah malam tadi, kami tidak menemukan korban yang tertimbun longsor," ujarnya.

 

Dirinya mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan karena Lembang termasuk ke dalam wilayah rawan longsor, terlebih di saat musim libur panjang seperti sekarang.

Loading...