Akhir Pekan Ini, Balai Kota Bogor Diwarnai Budaya Aceh

Akhir Pekan Ini, Balai Kota Bogor Diwarnai Budaya Aceh
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Sabtu (19/10/2019) besok, selama satu hari penuh Balai Kota Bogor akan disajikan kebudayaan Aceh. Festival Budaya Aceh itu digelar perkumpulan Taman Iskandar Muda (TIM) Bogor yang siap menyajikan berbagai macam kuliner khas Aceh.

Ketua Panitia Festival Budaya Aceh Muzakkir mengatakan, acara digelar mulai pagi hari hingga larut malam. Berbagai macam acara disajikan untuk menjawab kerinduan warna-warni kebudayaan Aceh. Panggung acara dikelilingi 40 stand makanan khas Serambi Mekah.

"Acara akan dihadiri Gubernur Aceh kemudian malamnya Gubernur Aceh akan hadir menyapa masyarakat Bogor. Kemudian acara ini dikemas untuk memperkenalkan budaya Aceh. Akan ada lomba kuliner memasak mie Aceh diikuti unsur Muspida," kata Muzakkir kepada saat jumpa wartawan di Rumoh Kupi, Kota Bogor, Kamis (17/10/2019).

Dia melanjutkan, festival seni khas Aceh akan diisi penampilan Pikar Weda budayawan Aceh yang menyukseskan tari Saman saat SEA Games 2018 lalu.

"Selain itu pada malam puncak acara ada tarian saman yang dibawakan oleh aparatur wilayah yaitu lurah dan camat Kota Bogor yang sudha berlatih dari minggu kemarin. Ada sekitar 20 aparatur yang menari Saman Aceh itu. Karena ini bukan untuk komunitas Aceh, diharapkan masyarakat umum tertarik dengan acara ini," tambahnya.

Sedangkan, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal mengatakan, festival tersebut akan dihadiri Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

"Akan ada banyak kejutan yang dihadirkan pada malam hari oleh aparatur maupun pimpinan daerah Aceh diacara ini. Ada display kerajinan khas Aceh, tarian Aceh dari Saman, Ratih Jaroe, dan Seudati. Ini kolaborasinya dari para perantau Aceh di Kota Bogor." tuturnya.

Dia mengharapkan, masyarakat Aceh di Bogor atau Jabodetabek untuk datang dan meramaikan acara pertama kali digelar ini.

"Ini juga sebagai pengingat untuk perantau Aceh. Tetapi setiap di wilayah yang ada perantau Aceh maka akan ditonjolkan kebudayaan Aceh," terangnya.

Sementara itu, Ketua TIM Cabang Bogor St Z Sonia Betlia mengatakan gelaran itu bak gayung bersambut saat beraudiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya. Orang nomor satu di Kota Bogor itu sangat semangat memperkenalkan budaya dari setiap daerah di kota hujan dan patut diapresiasi.

"Kami harapkan acara ini mempererat hubungan Kota Bogor dengan Provinsi Aceh. Ini juga menunjukkan kepada semua pihak bahwa masyarakat Aceh tidak terpisahkan dari budaya Nusantara yang merupakan satu kesatuan utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan dirinya mengajak semua komponen masyarakat untuk hadir dalam acara Festival Budaya Aceh.

"Yang mencintai budaya Aceh, silakan menghadiri Festival Budaya Aceh pada Sabtu 19 Oktober 2019 mendatang. Dari Bogor, saleum Aceh untuk Indonesia," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...