Pemkab Subang Perluas Akses Air Minum dan Sanitasi di Desa

Pemkab Subang Perluas Akses Air Minum dan Sanitasi di Desa
istimewa

INILAH, Subang - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Subang gencar melaksanakan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). Program yang berjalan sejak 2008 itu bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sehat melalui peningkatan layanan air minum dan sanitasi.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengatakan, program Pamsimas ini dilakukan di sembilan desa se-Kecamatan Blanakan. Untuk itu, dia menyebutkan Balanakan pantas disebut sebagai Kecamatan Pamsimas.

"Pamsimas ini merupakan salah satu upaya kita dalam mendukung pencapaian mendukung akses air minum dan akses sanitasi yang layak di wilayah perdesaan khususnya di wilayah Desa Cilamaya Girang," kata Agus saat menghadiri kegiatan promosi kesehatan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Cemerlang Desa Cilamaya Girang, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, belum lama ini.

Menurutnya, air minum dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang menentukan tingkat kesejahteraan manusia sebagai individu dan masyarakat sebagai suatu kelompok. Pencapaian kinerja pelayanan air minum dan sanitasi menjadi salah satu indikator dalam indeks pembangunan manusia.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerja keras dari kolaborasi semua pihak. (*) 

Loading...