Dibanding Tahun Lalu, Adopsi iOS 13 Melambat

Dibanding Tahun Lalu, Adopsi iOS 13 Melambat
Ilustrasi/Net

INILAH, San Francisco - Apple mengungkapkan lebih dari 50 persen dari jumlah seluruh iPhone yang kompatibel telah menjalankan iOS 13 dalam 26 hari setelah pembaruan perangkat lunak tersebut dirilis.

Pencapaian itu lebih lambat dari iOS 12, yang hanya butuh 23 hari untuk mencapai 50 persen tingkat adopsi.

Namun, apabila adopsi yang dihitung ditujukan pada iPhone yang dibeli dalam empat tahun terakhir, angka tersebut melonjak hingga 55 persen.

Angka-angka itu pun terlihat lebih baik dibanding Android, jika iPhone lainnya dianggap telah menjalankan iOS 12.

Dari semua iPhone yang saat ini mengakses App Store --cara Apple mendapat angka-angka ini-- sebanyak 41 persen menggunakan iOS 12, dan hanya 9 persen menggunakan iOS sebelumnya.

Untuk perangkat yang berusia empat tahun dan lebih muda, 38 persen menjalankan iOS 12 dan hanya 7 persen yang menggunakan iOS yang lebih tua.

Sementara tingkat adopsi iOS baru pada perangkat Apple melambat dari tahun lalu, Apple masih jauh di depan Google dalam hal ini.

Google tampaknya telah berhenti melaporkan tingkat adopsi belakangan ini, sehingga tidak diketahui berapa banyak perangkat yang telah menjalankan Android 10.

Pada Mei, diketahui bahwa Android 9 Pie dipasang hanya pada 10,4 persen dari semua perangkat Android di seluruh dunia. Sedangkan, Android 8.0 Oreo merajai posisi dengan adopsi 27 persen.

Sementara, OS Android versi lama masih banyak digunakan, misalnya Android 5.0 Lollipop masih berjalan pada 14,5 persen dari semua smartphone Android.

Apple juga mengungkap adopsi untuk iPadOS, yang angkanya sedikit lebih rendah dari iOS 13. Setidaknya 33 persen dari semua iPad telah menjalankan sistem operasi baru tersebut. Angka adopsi itu 41 persen datang dari perangkat iPad baru. Demikian laporan The Verge. [inilahcom]

 

Loading...