Banding Diterima, Calon Ketum PSSI Jadi 11 Orang

Banding Diterima, Calon Ketum PSSI Jadi 11 Orang
istimewa

INILAH, Bandung-Jumlah calon Ketua Umum (Ketum) PSSI bertambah menjadi 11 orang setelah Komite Pemilihan (KP) mengabulkan banding tiga kandidat.

Tiga calon ketum PSSI yang bandingnya dikabulkan oleh KP adalah Arif Putra Wicaksono, Sarman dan Yesayas Oktavianus. Ketiganya sempat tidak lolos verifikasi yang dilakukan oleh KP dalam pengumuman pada 10 Oktober kemarin.

Mereka diberikan kesempatan untuk mengajukan banding yang dibukan sejak pengumuman tersebut sampai tanggal 16 Oktober. Dua hari berselang dari deadline, Komisi Banding Pemilihan (KBP) kemudian mengumumkan nama-nama yang lolos banding.

Sedangkan ada delapan nama yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon ketum PSSI yaitu Aven Hinelo, Rahim Soekasah, Benny Erwin, Bernhard Limbong, Ferry Dhemy Francis, M. Iriawan, Vijaya Fitriyasa, dan La Nyalla M. Mattallitti.

Dalam kesempatan yang sama, KBP juga mengumumkan nama-nama calon wakil dan calong anggota Komite Eksekutif (Exco) yang lolos banding. Ada nama Doni Setiabudi yang gagal lolos banding, serta Bustami Zainuddin lolos sebagai calon Exco.

"Yesayas lolos banding sebagai ketua dan wakil. Sarman dan Arif lolos sebagai ketua. Bustami lolos sebagai calon anggota exco. Doni tidak lolos," kata Erwin Tobing, Ketua Banding Pemilihan, saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Doni Setiabudi tidak lolos sebagai calon waketum karena dalam statuta ditegaskan harus berkecimpung selama lima tahun di koridor PSSI, baik secara berturut-turut atau langsung. Setelah diteliti dia belum sampai lima tahun aktif dalam sepakbola Indonesia yang diakui PSSI. Donny memulai tahun 2010, tapi kami hitung-hitung dia baru tiga tahun setengah, belum lima tahun," ia menambahkan.

Tahapan selanjutnya KP dan KBP akan mengumumkan nama-nama calon tetap pengurus PSSI 2019-2023 paling lambat pada 23 Oktober. Sejauh ini, ada 11 nama yang bersaing untuk posisi ketum, 15 kandidat waketum, dan 71 nama untuk anggota Exco. Kongres PSSI untuk memilih ketum dan susunan kepengurusan baru dilakukan pad 2 November. (inilah.com)

Loading...