Memahami Lebih Dalam Samsung Galaxy A20s

Memahami Lebih Dalam Samsung Galaxy A20s
istimewa

MENJELANG akhir tahun 2019, Samsung seperti terus berbenah dan mulai agresif pada produknya khususnya pada segmen mid-to-low atau yang berada pada rentang harga sekitar Rp2 juta-4 juta.

Tak heran vendor asal Korea selatan ini mesti mawas diri data dari laporan Q2 perusahaan analisis industri global Counterpoint dan IDC sepakat menyebut meski Samsung masih merajai pasar Indonesia, namun terjadi penurunan penjualan tahunan (YoY) berbeda dengan vendor China di bawahnya yang mengalami kenaikan.


Bahkan berbeda dengan Couterpoint dan IDC dalam laporan Canalys untuk Q2 2019 menyebutkan kalau terjadi pergeseran cukup drastis di pasar smartphone Indonesia.

Samsung yang selama ini menguasai pasar smartphone Indonesia harus berpuas diri untuk digusur OPPO. Brand smartphone China ini menguasai 26 persen market share.

Selain itu, banyak brand smartphone yang sedang agresif-agresifnya bertarung di Tanah Air, terutama Xiaomi dan Realme yang sedang semangat-semangatnya untuk menjadi besar, membuat market share smartphone di Indonesia berubah dengan cepat.

Untuk itu, Samsung pun mulai meluncurkan 'senjata-senjata' andalannya menggeber pasar menengah melalui Galaxy A Series, salah satunya adalah Galaxy A20s merupakan smartphone terbaru dari Samsung yang ditujukan untuk berbagai fitur esensial untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya.

Didesain agar nyaman digenggam, dan segala fitur disesuaikan dengan kebutuhan kaum milenial, smartphone ini sangat pas juga dari segi budget.

Galaxy A20s menjadi salah satu andalan baru pada smartphone di bawah Rp3 jutaan untuk menahan gempuran smartphone keluaran vendor China yang saat ini tengah menjadi primadona.

Kali ini, INILAHCOM ingin membahas lebih detil mengenai fitur utama yang tertanam pada Samsung Galaxy A20s yang telah kami rekomendasikan sebagai salah satu ponsel terbaik di harga di bawah Rp3 juta.

Baca juga: Inilah 5 Smartphone Pilihan di Bawah Rp3 Juta

Tiba di pasaran dengan harga resmi yang cukup terjangkau yakni mulai Rp2.499.000 menjadi harga yang sangat menarik di kelasnya, fitur apa saja yang membuat smartphone ini layak untuk dibeli?

Penasaran, mari kita ulas bersama fitur-fitur andalan smartphone ini.

1. Layar kekinian

Fitur menarik pertama yang membuat Samsung Galaxy A20s layak untuk dimiliki oleh anak muda masa kini adalah layar.

Ya, Samsung Galaxy A20s tak hanya dibekali dengan ukuran layar yang besar yang memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam beraktivitas.

Meski masih hadir dengan teknologi layar TFT Samsung Galaxy A20s sudah dibekali dengan fitur infinity yang menampilkan poni di bagian atas layar dengan menempatkan kamera depan.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy A20s hadir dengan layar 6,5 inci resolusi HD+ (720x1560p) mengusung Infinity-V Display yang sangat memanjakan pengguna dalam bermain game, menikmati konten multimedia hingga aktif di sosial media.

Dengan ukuran layar yang besar ini juga memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen untuk mendukung aktivitas kerja.

2. OS Android 'Plus' terbaru

Sebagai smartphone yang mengusung sistem operasi Androi terbaru, Samsung Galaxy A20s secara otomatis bisa menikmati fungsionalitas yang semakin meningkat karena smartphone kian bisa memahami kebiasaan pengguna setiap hari.

Fitur-fitur seperti navigasi sistem prediksi secara terus-menerus akan menyesuaikan dan mengantisipasi kebutuhan penggunanya.

Fitur-fitur kunci di Android 9 Pie seperti App Actions, membantu Anda menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dengan memperkirakan langkah selanjutnya dan menampilkan tindakan yang tepat di ponsel.

Selain itu, Android Pie juga membawa fitur Slices yang bisa mengidentifikasi informasi yang relevan dari aplikasi favorit agar lebih mudah diakses ketika Anda membutuhkannya.

Tertanam pulsa fitur Adaptive Battery yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk memahami pola penggunaan dan memprioritaskan daya baterai pada aplikasi penting.

Dan yang terakhir adalah Adaptive Brightness, fitur ini secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan layar telepon dengan cara mempelajari interaksi pengguna.

Tak hanya fitur yang mengesankan, Samsung Galaxy A20s yang hadir dengan kustom UI Experience 9.0 juga memberikan warna baru dalam tampilannya yang lebih fresh dan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas.

3. Fotografi unggulan

Meski sudah menjadi hal yang biasa pada smartphone terkini, Samsung juga tak ingin ketinggalan menghadirkan tiga kamera di bagian belakang pada perangkatnya. Konfigurasi kamera utamanya 13MP. Lalu ada lensa ultra-wide angle 8MP dan sensor depth 5MP.

Sementara untuk menutupi fitur depth of field yang biasa hadir pada perangkat smartphone, Samsung menggantinya dengan fitur Live Focus yang mampu menghasilkan efek bokeh yang jauh lebih natural.

Selain mengedepankan kemampuan kamera belakang yang ditanamkan, Samsung juga membekali perangkat ini dengan kamera selfie yang menarik.

Meskipun hanya dibekali dengan sensor kamera 8MP, kamera depan yang tertanam diklaim mampu menghadirkan hasil foto selfie yang tajam dan jernih dengan tambahan fitur yang menggoda.

Berikut beberapa hasil foto Galaxy A20s:

4. Baterai besar

Memiliki ukuran layar yang besar, Samsung mengimbanginya dengan membenamkan baterai berkapasitas 4000mAh untuk menemani aktivitasnya sehari-hari.

Dengan kapasitas yang besar ini, tentunya bakal semakin memanjakan pengguna dalam beraktivitas tanpa perlu khawatir akan kehabisan baterai saat digunakan dalam waktu yang lama.

Apiknya lagi, kapasitas baterai yang besar ini sudah dikombinasikan dengan fitur pegisian baterai cepat untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan pengisian baterai tanpa membuang-buang waktu.

5. Suara kelas Dolby Atmos

Saat ini, pengguna smartphone semakin banyak menggunakan perangkatnya untuk menonton video atau film.

Menonton film bisa dinikmati lebih baik, tidak lepas dari gambar yang baik dan tata suara yang enak didengarkan pula.

Teknologi suara Dolby Atmos yang bisa didapat saat menggunakan headphone atau earphone pada Galaxy A20s, akan membuat suara yang dihasilkan lebih hidup, baik untuk menonton film, mendengarkan lagu, bahkan podcast.

Untuk menonton film bioskop terutama film-film Hollywood, apalagi jika sumbernya sudah mendukung tata suara Dolby seperti yang banyak disediakan layanan streaming seperti Netflix, suara yang kita dengar akan lebih kaya seperti membawa kita hadir di tengah film.

Pada Galaxy A20s yang sudah menggunakan layar Infinity Display dengan rasio memanjang 19.5:9, film-film bioskop yang formatnya kebanyakan memanjang akan tampil lebih penuh tanpa banyak bar hitam di atas dan di bawah, dan tata suara Dolby Atmos ini akan membantu pengalaman menonton menjadi lebih hidup dan seru.

Dengan koneksi dan resolusi tinggi, video-video di YouTube sekarang ini pun sudah banyak yang memiliki kualitas sangat baik, dari segi kualitas video maupun suara, sehingga kehadiran Dolby Atmos ini juga bisa dinikmati lebih saat menonton video di Youtube.

6. Fitur andal lainnya

Membawa harga jual Rp2,4 juta, Samsung Galaxy A20s sudah dibekali dengan berbagai fitur pendukung yang cukup lengkap di kelasnya. Tercatat smartphone ini sudah dibekali dengan fitur keamanan yang lengkap mulai dari sensor sidik jari di bagian belakang dan sensor pemindai wajah.

Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan prosesor octa-core besutan Qualcomm Snapdragon untuk menjamin kinerjanya.

Tertanam pula dukungan RAM 3GB dan memory internal 32GB dan varian RAM 4GB dengan memori internal 64GB yang bisa dimaksimalkan dengan menambahkan kartu microSD hingga 512GB.

Selain itu, Galaxy A20s juga sudah dibekali dengan port USB type-C yang biasa digunakan pada perangkat smartphone kelas menengah atas.

7. Spesifikasi

8. Kesimpulan

Samsung Galaxy A20s mewakili jajaran smartphone murah baru dari Samsung dan menyediakan beberapa spesifikasi kompetitif dengan harga yang menguntungkan.

Dengan tampilan yang beresolusi tinggi, kinerja yang cukup baik, dan konfigurasi tiga kamera yang lebih detail, ini akan menjadikannya senjata yang kuat melawan para vendor China lainnya.

Nah, jika Anda berada di pasar untuk mencari smartphone dari merek yang menawarkan dukungan layanan yang hebat, tampilan yang hebat, baterai tahan lama dan kamera serbaguna, Galaxy A20s bisa jadi pilihan yang rasional untuk harganya. (inilah.com)

Loading...