Pro Rakyat Tulen, RR Disebut Layak Dipilih Jokowi

Pro Rakyat Tulen, RR Disebut Layak Dipilih Jokowi
Ekonom Senior Rizal Ramli. (antara foto)

INILAH, Jakarta - Tantangan ekonomi di masa datang diprediksi semakin berat. Untuk itu, Presiden Joko Widodo diharapkan memilih ekonom handal pro rakyat masuk tim ekonominya.

Pengkaji geopolitik, Hendrajit menyabut mantan menko ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid, yakni Rizal Ramli adalah figur yang pas. Alasannya, gagasan ekonomi Rizal Ramli condong pro rakyat, bukan neolib.

Gagasan RR, sapaan akrab rizal Ramli, menurut Hendrajit selaras dengan ide besar Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang selalu mengedepankan wong cilik dalam berpolitik.

Begitu juga sejalan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang anti dengan ekonomi neoliberal.

Keduanya, sambung Hendrajit pasti sepakat pasal 33 UUD Negara RI bisa dijalankan secara baik oleh Rizal Ramli. Di tangan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya bisa dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat. "Teuku Umar dan Kertanegara pasti sepakat," tegasnya, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sementara Megawati dan Prabowo, katanya, merupakan elemen penting dalam menentukan calon menteri di kabinet Jokowi. Mega adalah pemimpin partai pendukung utama, sementara Prabowo sedang dalam penjajakan masuk kabinet dengan tawaran ekonomi kerakyatan.

Dengan kata lain, sambung Hendrajit, Rizal Ramli dipastikan kuat akan mendapatkan posisi menteri di bidang ekonomi, jika Prabowo mengajukannya dan membahas bersama dengan Megawati. "Dia nasionalis lah soal ekonomi. Orientasi ekonominya cenderung nasionalis udah cocok, tinggal di posisi mana apakah di menko atau menteri keuangan, paling beliau di kisaran dua itu-lah," ungkapnya.[Inilahcom]

Loading...