Bau Bangkai Tercium dari Belakang Rumah Warga, Ternyata ..

Bau Bangkai Tercium dari Belakang Rumah Warga, Ternyata ..
Foto: INILAH/Zainulmukhtar

INILAH, Garut – Dua bunga bangkai jenis Suweg (Armophophallus paeoniifolius) tumbuh di halaman belakang rumah warga di Desa Limbangan Timur Kecamatan Balubur Limbangan. Tumbuhnya bunga yang mengeluarkan bau menyengat ini menarik perhatian warga.

Dua bunga kerabat bunga bangkai raksasa (armorphophallus titanium) itu tumbuh dalam jarak sekitar dua meter di antara beberapa jenis tumbuhan lain. Tidak diketahui sejak kapan kedua bunga tersebut tumbuh mekar. Diduga salah satunya berusia lebih tua. Hal itu dilihat dari kelopak bunganya agak layu. Beberapa ekor lalat terlihat mengerubunginya.

"Saya juga baru tahu di belakang ada bungai bangkai ini, setelah ada yang memberitahu. Sebelumnya enggak terperhatikan. Meskipun berbau busuk, tapi bentuk bunganya memang menarik," kata Marjan (40), penghuni rumah, Minggu (20/10/2019).

Menurutnya, bunga bangkai tersebut merupakan bunga tanaman Suweg yang biasanya muncul menjelang musim hujan. Setelah hujan pertama atau kedua turun di akhir musim kemarau.

Tanaman tersebut terbilang jarang dan belum ada yang membudidayakannya. Kendati tanaman tersebut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, apalagi umbinya bisa diolah sebagai makanan.

Di daerahnya sendiri, lanjut Marjan, hujan turun masih bisa dihitung jari. Itupun hanya berupa gerimis dan sebentar.

"Enggak tahu, apakah bunga ini memang termasuk langka atau tidak. Soalnya, kalau tanamannya sering lihat di beberapa daerah. Tapi memang kalau bunganya, baru kali ini melihatnya," kata Agus (48) warga setempat. (Zainulmukhtar)

Loading...