Ratusan ASN Cirebon Serbu Bandung, Ada Apa?

Ratusan ASN Cirebon Serbu Bandung, Ada Apa?

INILAH, Cirebon - Lebih dari 800 aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Cirebon ramai-ramai mendatangi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jabar. Ternyata, mereka mengikuti tes pengembangan karier berbasis CAT. 

Beberapa staf Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon yang enggan disebut namanya membenarkan keberangkatan ratusan ASN itu.

Seluruh ASN itu, terdiri dari pejabat eselon III dan IV se-Kabupaten Cirebon, memang diharuskan mengikuti tes pengembangan karier tersebut. Menurutnya, jadwal tes sudah diatur supaya waktunya tidak bersamaan. Khusus hari Senin ini, difokuskan untuk eselon III, sampai hari Selasa besok. Sementara hari Rabu sampai Jumat bagian eselon IV.

“Waktunya tidak bersamaan. Karena banyak jadi perkiraan selesai sampai hari Jumat besok. Jumlahnya mendekati seribu oranglah,” katanya.

Hal senada dikatakan, Kabag Perekonomian Setda Cirebon, Dedi Samanhudi. Lewat whatsapp, dirinya mengaku sedang ada di Bandung mengikuti tes pengembangan karier. 

Dedi enggan menjelaskan, test apa yang dimaksud, dan sampai hari apa mengikuti test nya. Namun menurutnya, eselon IV diwajibkan mengikuti tes tersebut.

“Ya ikuti saja. Paling besok atau Rabu saya sudah ada di Cirebon lagi,” aku Dedi.

Data yang diperoleh menyebutkan, tes penilaian kompetensi pengembangan karier berbasis CAT, diperoleh banyak manfaat. Salah satunya akan diperoleh gambaran karakteristik pribadi dari pegawai. Ini sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan saat melakukan pekerjaan.

Melalui pemetaan tersebut, akan diperoleh hasil rekomendasi pekerjaan apa saja yang cocok dan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pegawai. Di sini pula ada aspek kekuatan dan kelemahan, sehingga dapat menjadi acuan yang tepat dalam kegiatan promosi dan rotasi jabatan. (maman suharman)
 

Loading...