Pendiri Gojek Calon Menteri, Warna Baru Politik Indonesia

Pendiri Gojek Calon Menteri, Warna Baru Politik Indonesia

INILAH, Jakarta – Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menilai masuknya pendiri Gojek Nadiem Makarim, yang mewakili simbol dunia digital dan kehadiran anak-anak muda di Kabinet Presiden Joko Widodo Jilid II akan membawa warna baru dalam dunia politik Indonesia ke depannya.

“Nadiem ini simbol dunia digital, startup, anak muda dengan pencapaian yang luar biasa di bidangnya,” kata Yunarto di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Di saat bersamaan, sambung pria yang kerap disapa Toto ini, masuknya Nadiem dalam kabinet secara langsung membuka ruang kepada anak muda untuk menggeluti politik praktis.

“Biasanya selama ini ketika ingin masuk politik harus melalui partai politik atau ormas (organisasi kemasyarakatan). Tapi dengan masuknya Nadiem akan membuka ruang anak-anak muda punya pilihan baru yakni di politik,” tuturnya.

Toto menekankan tantangan yang akan dihadapi Nadiem tidaklah mudah, dimana hambatan terbesarnya ada pada birokrasi.

Untuk itu, Toto berharap Nadiem dapat membawa gaya kerja startup yang egaliter dan disruptif ke dalam birokrasi.

“Tantangan terberat Nadiem itu pada birokrasi di kementerian yang dipimpinnya. Kalau dia bisa membawa semangat gaya kerja di startup ke birokasi, maka ini efeknya bisa akan menular ke kementerian lainnya,” ujarnya menjelaskan.

Loading...