Dulur Salembur Galang Bantuan untuk Warga Terdampak Angin Kencang di Pangalengan

Dulur Salembur Galang Bantuan untuk Warga Terdampak Angin Kencang di Pangalengan
(Foto: Dani R Nugraha)

INILAH,Bandung- Angin kencang yang terjadi sepanjang Minggu (21/10/2019) malam WIB di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung menyebabkan ribuan rumah di beberapa desa mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan.

Komunitas Perkumpulan Dulur Salembur Pangalengan (PDSP) sebuah gerakan sosial masyarakat menggalang dana untuk membantu meringankan beban masyarakat yang tempat tinggalnya rusak. 

"Kalau jumlah rumah yang rusak data pastinya kami tidak ada tapi dilihat di lapangan bisa ribuan rumah dengan berbagai jenis kerusakannya yah. Yang kami tahu persis ada tiga rumah yang rusak parah atapnya nyaris tak tersisa di Kampung Lambong Desa Pangalengan. Tapi Alhamdulilah sepengetahuan kami tidak ada korban jiwa," kata Dedi, Senin (21/10/2019).

Dikatakan Dedi, sepanjang malam tadi, angin kencang terjadi di sekitar Kecamatan Pangalengan, dari sekitar pukul 23.30 hingga sekitar pukul 06.00 WIB. Angin kencang menderu terdengar kesegala penjuru.

Susana mencekam memaksa sebagian warga keluar rumah dan berkumpul di tempat tempat yang dirasa aman seperti di masjid dan tempat lainnya. Paginya, ribuan rumah terdampak angin kencang tersebut. Bahkan, pepohonan besar juga banyak yang tumbang menutup akses jalan di beberapa desa.

"Jalan jalan sekarang sudah bisa dilalui kembali. Karena sejak pagi kami lihat para petugas dan warga terus bahu membahu membersihkan pepohonan tumbang dan juga membereskan rumah rumah warga yang rusak," ujarnya.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, kata Dedi, peristiwa tersebut menyebabkan kerusakan pada rumah rumah warga. Untuk meringankan beban warga yang terkena musibah, komunitas PDSP akan melakukan bakti sosial untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat angin kencang tersebut. 

"Tidak ada warga mengungsi kecuali tiga keluarga yang rumahnya rusak parah mereka ngungsi di rumah saudaranya. Kami membuka donasi dan menggalang bantuan untuk perbaikan rumah rumah warga yang rusak," ujarnya. (rd dani r nugraha).

 

Loading...