Polres Cianjur Tempatkan Petugas Lantas di Sejumlah Titik

Polres Cianjur Tempatkan Petugas Lantas di Sejumlah Titik
Kasatlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, AKP Adhimas Triyono Putra (Ahmad Fikri)

INILAH, Cianjur- Polres Cianjur, Jawa Barat, menempatkan petugas dari Satuan Lalulintas dititik rawan kemacetan sepanjang Jalur Puncak-Cianjur, dalam rangka percobaan lajur 2-1 yang akan dilaksanakan Polres Bogor pada 27 Oktober hingga 3 November.

Kasat lantas Polres Cianjur, AKP Adhimas Triyono Putra pada wartawan Selasa, mengatakan rencana pengamanan lajur 2-1 akan dilaksanakan sebagai program uji coba yang dilakukan Kementerian Perhubungan RI.

Ia menjelaskan, lajur 2-1 merupakan sistem dua lajur menuju Puncak-Cipanas mulai dari Perempatan Gadog-Ciawi sampai Taman Safari-Cisarua, Bogor, akan diberlakukan mulai pukul 03.00 hingga 13.00 WIB, sedangkan dari arah sebaliknya hanya satu lajur.

Sedangkan dari pukul 13.00 sampai 15.00 WIB, lajur kembali normal dari kedua arah, sedangkan mulai 15.00 sampai 20.00 WIB, dilakukan sebaliknya dua lajur ke Bogor dari Puncak dan satu lajur menuju arah sebaliknya.

"Kami menurunkan anggota untuk mengantisipasi terjadinya antrian selama uji coba dilakukan karena pasti akan berimbas hingga ke wilayah hukum Polres Cianjur," katanya.

Satlantas Polres Cianjur, tutur dia, siap melakukan antisipasi terjadinya dampak dari percobaan lajur 2-1 tersebut, dengan menempatkan anggota di beberapa titik rawan kemacetan seperti pertigaan Hanjawar dan pertigaan Cibodas.

"Kami akan menurunkan unit patroli mobile, untuk mempertahankan antrian tetap satu lapis dan tidak memakan jalur berlawanan. Termasuk bagi pengendara sepeda motor tidak melanggar aturan," katanya.

Terkait uji coba tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, untuk ikut membantu agar dapat melakukan evaluasi bersama terkait dampak diberlakukan lajur 2-1.

"Sifatnya tidak baku, baru uji coba, jika terjadi antrian panjang tidak bergerak, maka sistem satu arah akan kembali diberlakukan Polres Cianjur dan Bogor. Evaluasi akan dilakukan setelah uji coba dilakukan," katanya. (Antara)
 

Loading...