Meski Angin Kencang, Nelayan Karawang Nekat Melaut

Meski Angin Kencang, Nelayan Karawang Nekat Melaut
net

INILAH, Karawang – Gelombang besar disertai angin kencang mulai menghantui perairan pantai utara (Pantura) Jabar yang masuk wilayah Kabupaten Karawang. Meski demikian, para nelayan di wilayah lumbung padi ini masih nekat melaut saat cuaca cukup ekstrem di musim kemarau ini.

Sekretaris Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karawang Sahari menuturkan, sejak beberapa pekan terakhir cuaca di perairan Pantura memang sudah tak bersahabat. Angin dan gelombang laut datang tak menentu.

“Kalau pagi, cuacanya memang tenang. Tapi, menjelang siang hingga sore gelombang meninggi dan angina pun berhembus kencang,” ujar Sahari saat dihubungi melalui selulernya, Selasa (22/10/2019).

Menurutnya, kondisi cuaca seperti ini memang cukup membahayakan bagi nelayan. Sebab, bisa saja angin dan gelombang besar ini menghempaskan perahu nelayan yang sedang melaut. Namun, dia mengakui sampai saat ini masih banyak nelayan yang nekat melaut.

“Kalau aktivitas sih masih normal ya. Masih banyak nelayan yang melaut,” jelas dia.

Hanya saja, sambung dia, memang sejak tiga pekan ini hasil tangkapan nelayan cenderung menurun. Apalagi, tangkapan para nelayan rajungan. Saat ini, dalam sehari para nelayan paling banyak mendapat hasil sekitar 2 kg rajungan saja. Padahal, biasanya bisa lebih dari 50 kg.

“Bukan karena cuaca sih. Memang saat ini sedang tidak musim rajungan,” imbuh dia.

Sementara itu, Sanudin (50) nelayan setempat mengaku sebenarnya cuaca saat ini masih belum seberapa. Karena, nelayan masih bisa melaut. Meskipun, saat pagi hari cuaca bagus tiba-tiba menjelang siang ataupun sore angin di laut kencang sehingga menyebabkan gelombang tinggi.

"Cuacanya sih terbilang masih bersahabat. Meski demikian, kami tetap harus waspada," ujarnya singkat. (Asep Mulyana)

Loading...