Jelang Musim Hujan Polisi Siapkan Satgas Kebencanaan

Jelang Musim Hujan Polisi Siapkan Satgas Kebencanaan

INILAH, Bandung - Menjelang memasuki musim hujan, tentunya semua pihak harus memiliki kewaspadaan lebih, akan potensi bencana pada saat musim tersebut. Tidak terkecuali kepolisian.

Beberapa bencana yang kerap kali datang pada saat musim hujan tiba pun diantaranya, angin kencang, banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat siapkan satgas kebencanaan untuk hadapi musim penghujan. Seperti diketahui, BMKG memprediksi hujan akan terjadi pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andhiko saat ditemui di Kota Bandung, Selasa (22/10/2019).

"Polda Jabar kita memiliki satuan, baik itu Sabhara dan juga dari Brimob terkait dengan satuan yang nantinya bergabung BPBD untuk antisipasi bencana alam," ucap Truno.

Lebih lanjut, Truno mengungkapkan dari evaluasi sebelumnya menunjukkan wilayah Jabar kerap dirundung bencana alam setiap datang musim hujan. Terlebih secara kewilayahan tekstur tanah Jabar yang rentan terkena longsor.

"Untuk kerawanan di Jabar secara geografis tentunya diwarnai tanah longsor dan juga banjir ini tentunya jadi perhatian bersama," ujarnya.

Dalam penangananya Satgas Kebencanaan akan bergabung dengan instansi lainnya seperti TNI, BPBD dan unsur lainnya. Untuk menunjang pelaksanaan baik personel dan peralatan tanggap bencana telah disiapkan.

"Perlengkapan dan peralatan Sabhara baik personel dan kompetensinya sudah siap sudah di bentuk satuan unit kerja, untuk perlengkapan ada seperti perahu karet, pemotong kayu terus perlengkapan taktis dan teknis," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...