Cairan Kimia Datang, Api Kebakaran Pipa Pertamina Padam

Cairan Kimia Datang, Api Kebakaran Pipa Pertamina Padam
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Cimahi - Akhirnya, cairan kimia dari PT Pertamina dikerahkan untuk memadamkan kobaran api pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kampung Mancong RT 02/01 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran itu berasal dari pengerjaan trase kereta cepat pada Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB. Kebakaran diduga karena ada petugas yang melakukan pengeboran yang menancap pipa minyak milik PT Pertamina.

Pemadam Kebakaran (Damkar) gabungan dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, si jago merah masih sulit dipadamkan sebab sumber yang terbakar adalah pipa minyak.

"Ini kebakaran minyak, harus pakai air cairan kimia AFFF," kata Komandan Regu I pada Damkar Kota Cimahi Indahadi.

Dia menyebutkan, AFFF merupakan kepanjangan dari Aqueous Film Forming Foam berbasis cairan yang digunakan untuk memadamkan api. Bahan kimianya berbentuk busa atau foam. 

"Jadi cairannya dalam bentuk foam," ucapnya.

Sekitar pukul 17.30 WIB, kobaran api akhirnya bisa dipadamkan menggunakan cairan kimia. Petugas dari Damkar dan PT Pertamina masih melakukan pendinginan di aerah terbakar. (Ahmad Sayuti)

Loading...