Traveling, Ini Cara Menyisati Barang Bawaan agar Koper Lebih Ringan

Traveling, Ini Cara Menyisati Barang Bawaan agar Koper Lebih Ringan
istimewa

INILAH, Bandung-Setiap orang tentu menginginkan liburan yang nyaman, tanpa harus dibebankan dengan koper yang terlalu berat. Khususnya perempuan, mereka cenderung membawa barang bawaan yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan selama liburan berlangsung.

 

Packing sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa perlu membawa banyak barang. Nah, buat kamu yang telah merencanakan liburan dan sudah mem-booking tiket pesawat garuda indonesia untuk liburanmu kali ini, sebaiknya ikuti tips berikut ini agar koper yang kamu jadi lebih ringan.

 

  1. Jangan menggulung pakaian

 

Selama ini, kamu mungkin berpikir bahwa menggulung pakaian adalah cara praktis untuk mengemas pakaian di dalam koper karena kamu cukup menggulung dan menumpuknya secara rapi. Namun tahukah kamu bahwa menggulung pakaian akan membuat koper menjadi lebih berat. Ya, karena kamu akan memadatkan isi koper dengan pakaian yang kamu bawa sehingga menggulung baju dianggap sebagai solusi termudah untuk membawa semua pakaian yang ingin kamu bawa.

 

Sebaiknya, hindari cara satu ini. Kemaslah barang-barang seperti biasa untuk memberikan ruang udara di antara barang sehingga koper akan menjadi lebih ringan. Atau, kamu bisa mengikuti metode melipat baju ala Marie Kondo untuk mempermudah kamu dalam mengemas barang bawaan dalam koper.

 

  1. Hindari barang bawaan yang sebenarnya bisa dipinjam di hotel

 

Jika kamu berencana menginap di hotel, maka hindarilah membawa barang bawaan yang sebenarnya telah disediakan oleh tempat kamu menginap. Barang-barang seperti setrika dan hairdryer pun bisa kamu pinjam oleh pihak hotel. Atau, jika kamu pergi beramai-ramai, kamu bisa meminjam barang yang bisa dipinjam dari temanmu, seperti payung. Dengan begini, maka kamu bisa meringankan isi kopermu.

 

  1. Bawa perlengkapan mandi khusus traveling

 

Saat ini, telah banyak produk perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi yang dijual dalam kemasan khusus traveling. Ukurannya yang mungil dan bisa disimpan di dalam tas kecil akan meringankan isi koper. Yap, hindari membawa botol sabun dan sampo yang biasa kamu gunakan di rumah. Jika kamu tak ingin membeli produk yang travel friendly, simpan semua keperluan mandi tersebut di botol traveling kit.

 

Kamu pun bisa menggunakan produk-produk sample yang biasanya dikemas dalam sachet. Dan, ingatlah bahwa hotel atau pun guest house biasanya selalu menyediakan keperluan mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi. Jadi, bawalah keperluan mandi yang sekiranya memang tidak disediakan oleh tempatmu menginap.

 

  1. Jangan membawa sepatu dan baju terlalu banyak

 

Untuk meringankan beban koper, jangan membawa barang bawaan terlalu banyak. Sesuaikan jumlah pakaian dengan total hari selama kamu liburan. Tentukan outfit yang akan kamu kenakan sebelum kamu mulai packing. Jika perlu, buatlah catatan mengenai daftar outfit-nya sehingga kamu benar-benar membawa pakaian yang kamu butuhkan saja.

 

Begitu pun dengan sepatu, bawalah sepatu ternyamanmu supaya kamu bisa memakainya berkali-kali selama liburan. Bila ingin membawa sepatu lebih, sebaiknya bawa dua jenis sepatu yang terdiri dari sneakers dan sepatu ‘cantik’ untuk acara spesial.

 

  1. Bawa foldable bag untuk menyimpan oleh-oleh

 

Bagi orang Indonesia, membeli oleh-oleh adalah suatu hal yang wajib dilakukan saat pergi ke suatu tempat. Jika oleh-oleh yang akan kamu beli cukup banyak, sebaiknya simpan oleh-oleh di tas terpisah agar beban koper tetap ringan. Gunakan foldable bag untuk menyimpan semua belanjaanmu. Foldable bag bisa dilipat sehingga tas khusus traveling ini tak akan menyita banyak space saat disimpan di dalam kopermu.

 

Jadi, sudah siap packing semua barang bawaanmu?

Loading...