Prabumulih Siap Contek Sistem Kehumasan Pemkot Bogor

Prabumulih Siap Contek Sistem Kehumasan Pemkot Bogor
Foto: INILAH/Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melakukan kunjungan kerja soal cara sinergitas pemkot dengan para wartawan atau media, sehingga bisa mengemas Wali Kota Bogor Bima Arya yang dikenal luas di Indonesia. Rombongan Pemkot Prabumulih diterima di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor pada Selasa (22/10/2019) siang.

Pemkot Prabumulih dipimpin Asisten Administrasi Umum (Asum) A Rasyid membawa rombongan PWI Kota Prabumulih dengan lengkap 70 anggota serta pengurusnya, sementara Pemkot Bogor yang dipimpin Plt Asum yang juga menjabat Asisten Administrasi Perkonomian dan Kesejahteraan Rakyat (Asperbangkesra) Dody Achdiat didampingi pengurus PWI Kota Bogor yang dipimpin oleh Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti. Disela acara juga ada penyampaian donasi rombongan Prabumulih untuk pembangunan masjid An-Naba PWI Kota Bogor.

Plt Asum Dody Achdiat mengatakan, dari sisi media di bagian Humas dan Protokol (Humpro) yang menjadi leader dengan rekan-rekan wartawan mendapat perhatian cukup besar dari Pemkot Bogor. Sehingga dari sisi media cetak dan elektronik mendapat perhatian cukup besar, PWI Kota Bogornya juga diperhatikan.

"Tidak kurang dari enam media cetak, 16 media online dengan tiga media nasional, tiga reginal dan 10 media lokal. Ada dua radio lokal juga tv nasional yang bekerjasama. Bagian komunikasi dan informasi pimpinan humpro telah melakukan kerjasama bentuknya publikasi, pemasangan iklan serta lainnya. Kerjasama tersebut dimulai bulan Januari hingga Oktober 2019," ungkap Dody.

Sementara itu, Kasubag Humas Pemkot Bogor Dian Intania mengatakan, untuk mendekatkan pemerintah dengan wartawan atau medianya ada kegiatan publikasi, mulai dari kerjasama dengan media cetak online dan elektronik. Ada bentuk kerjasama pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM), ada kegitan jurnalis menulis dan setiap hari di produksi pembuatan rilis berita.

"Kami usahakan semua kegiatan pemerintah baik kegiatan wali kota sampai dinas itu diupayakan kami liput, dibuat berita dan buat video. Masyarakat bisa mengakses langsung di website kota bogor.go.id, kami kerjasama dengan kominfo dalam hal ini," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengatakan, PWI Kota Bogor mengambil alngkah anti mainstream sehingga bisa mengikuti langkah Wali Kota Bogor Bima Arya yang inovatif dan dinamis, selain itu PWI Kota Bogor juga dalam bisa menempatkan diri sebagai penilai langkah Pemkot Bogor.

"Di lain sisi, support Pemkot Bogor juga cukup baik dari adanya beberapa kegiatan PWI Kota Bogor, seperti dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebanyak 50 persennya disupport. Kira-kira itu bocoran untuk wartawan Prabumulih," terangnya.

Sementara itu, Asum Pemkot Prabumulih A Rasyid mengatakan, yang jelas pihaknya silaturahmi, kemudian kedua kami melihat perbandingan dari Wali Kota Bogor sebagai orang akademis bisa merangkul media. Bagaimana cara terbaik merangkul kawan media dan cara berterimakasih Pemkot Bogor akan diserap.

"Kami datang dengan 70 wartawan Kota Prabumulih, jadi mudah-mudahan seperti ini bertambah ilmu dan tahu cara berkomunikasi yang baik. Ada trik dari humas kami serap dan contoh, semua kegiatannya bisa dicontoh," tuturnya. (Rizki Mauludi)

Loading...