Tiga Perbedaan Cara Salat Pria dan Wanita

Tiga Perbedaan Cara Salat Pria dan Wanita
Foto: Net

"SEORANG wanita mengerjakan salat sebagaimana yang dilakukan oleh pria." (HR. Bukhari secara muallaq dan disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dengan sanadnya dalam Al-Mushannaf)

Ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang perbedaan gerakan salat wanita dengan pria. Seadangkan sebagian lainnya menganggap gerakan salat keduanya sama saja, tidak ada perbedaan berarti. Akan tetapi berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai perbedaan gerakan salat wanita dan pria:

1. Ketika Rukuk dan Sujud
Kaum Adam disunahkan mengangkat dan merenggangkan siku tangannya sehingga jauh dari lambungnya, serta mengangkat perut dan merenggangkannya sehingga jauh dari kedua pahanya. Sedangkan wanita disunahkan menghimpit dan merapatkan siku tangan dengan lambungnya, menghimpitkan serta merapatkan perut dengan pahanya, dan menghimpitkan serta merapatkan antara dua lutut dan dua kakinya.

2. Membaca Keras Bacaan
Para pria disunahkan mengeraskan suara sehingga dapat didengar oleh orang yang berada di dekatnya pada waktu dan tempat yang disunahkan untuk mengeraskannya. Baik dia menunaikan salat sendirian maupun ketika menjadi imam. Sedangkan perempuan diperintahkan untuk mengecilkan suaranya sehingga tidak terdengar orang lain yang ada di dekatnya apabila saat ia salat terdapat pria yang bukan mahramnya. Adapun apabila dia salat sendiri atau bersamanya hanya pada perempuan atau terdapat laki-laki yang menjadi mahramnya, disunahkan mengeraskan suara di tempat dan waktu yang sunah.

3. Cara Mengingatkan Kesalahan Imam
Makmum pria menegur imam dengan membaca tasbih, sedangkan makmum wanita menegur imam dengan cara menepuk tangan.

[Nidaul Fauziah]

Loading...