Realme XT: Mempesona dengan Quad Camera 64MP Xpert

Realme XT: Mempesona dengan Quad Camera 64MP Xpert
istimewa

SEPANJANG tahun 2019 pasar smartphone telah banyak melahirkan ide-ide baru dari sisi desain dan teknologi. Seperti obsesi menghasilkan smartphone tanpa bezel tebal yang dimulai dengan kehadiran notch atau dahi. Kemudian dengan cepat desain notch pun menjadi semakin kecil, bahkan hilang menjadi full screen digantikan dengan pop up camera, baik yang digerakkan motor maupun digeser.

Teknologi kamera smartphone juga berkembang semakin baik dengan kemunculan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan pemanfaatan multiple camera mulai tiga hingga empat.

Evolusi kamera smartphone melompat begitu pesat dari hanya resolusi 0,11MP ke 64MP dalam waktu kurang dari dua dekade. Hari ini, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam pada kamera khusus untuk mengambil foto yang terlihat profesional.

Kamera smartphone lebih dari cukup untuk membantu Anda meningkatkan level fotografi Anda. Salah satu smartphone tersebut adalah realme XT yang membawa kamera ponsel 64MP perdana dari realme.

Ponsel realme XT sejatinya merupakan versi upgrade dari realme X yang telah dirilis pada Juli 2019 dengan peningkatan yang paling jelas terlihat yakni di bagian kamera. Ini juga menjadi uji pertemuan pertama INILAHCOM dengan pengaturan kamera ponsel 64MP dan kami tidak sabar untuk berbagi hasilnya dengan Anda.

Kita akan membahas secara rinci tentang realme XT dalam ulasan berikut.

Desain dan Bodi

realme sangat gencar merilis ponsel selama beberapa bulan terakhir, dari desain walaupun menyuguhkan model yang sama dengan dewdrop notch, kecuali pada realme X yang hadir dengan model kamera depan pop-up tanpa adanya poni.

realme XT, bagaimanapun, terlihat dan terasa sedikit berbeda dari dalam beberapa hal. Sebagai seseorang yang telah menggunakan dan mengulas banyak ponsel realme, itulah hal pertama yang penulis perhatikan tentang ponsel ini.

Tidak seperti ponsel lain yang realme telah luncurkan tahun ini, realme XT memiliki desain kaca, yang langsung membuatnya terlihat dan terasa lebih premium. Seperti yang dapat Anda lihat, penulis memiliki varian warna 'Pearl Blue' pada ponsel ini untuk penulis uji, tetapi penulis dapat mengonfirmasi bahwa varian Pearl White juga terlihat sama memesonanya.

Bahkan, penulis akan mengatakan realme XT adalah salah satu ponsel paling tampan rupawan dengan desain Kaca Melengkung 3D. Beralih ke kaca belakang langsung memberi realme XT tampilan dan nuansa kelas atas dengan goresan cahaya hiperbolanya dilapisi perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang juga terdapat pada panel depan. Bagian belakang kaca melengkung di sepanjang tepi dan menyatu ke dalam bingkai. Bahkan finish gradien juga meluas ke frame, memberikannya finishing premium.

 

Beranjak dari tampilannya, penulis harus mengatakan bahwa realme telah mengerti para penggunanya semua hal yang penting seperti port USB Tipe C, jack headphone 3.5mm, slot SIM ganda dengan dukungan ekspansi kartu microSD, itu sudah lebih dari cukup.

Penulis juga sangat menyukai tampilan tombol power berwarna emas pada tepi yang dominan warna biru. Meskipun ukuran keseluruhan ponsel ini sedikit besar, Anda tidak akan memiliki masalah untuk memegangnya karena bodi yang ramping.

Untuk keamanan, ponsel ini juga sudah mendukung penanaman biometric access sensor sidik jari di dalam layar. Dengan desain ini, body smartphone terlihat lebih bersih, layar lebih luas, dan jadi lebih nyaman digunakan. Sama dengan realme X untuk membuka sidik jari disajikan 5 pilihan animasi pembuka kunci. realme menghadirkan pilihan animasi menarik untuk memberikan kesan personal sesaat setelah ponsel dihidupkan

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya mari simak video unboxingnya berikut ini.

Layar

Sangat menawan! penulis tahu itu sedikit lebay, tapi itulah cara penulis menggambarkannya kepada semua orang yang telah menanyakannya. realme XT menghadirkan panel Layar Super AMOLED 6,4 inci menampilkan resolusi FHD + (2.340 x 1.080 piksel), rasio aspek memanjang 19.5: 9 dan kerapatan tinggi 402 ppi dengan lekukan tetesan air di bagian atas.

Kenapa super AMOLED itu begitu indah dilihat karena teknologi layar ini biasa digunakan untuk smartphone seri hi-end.

Keunggulan layar ini tidak menggunakan backlight seperti layar LCD yang harus menyalakan selalu lampu penerang di belakang layar untuk menghasilkan gambar dan warna. Layar Super AMOLED setiap pikselnya bisa berpendar sendiri, sehingga lebih irit dalam penggunaan daya, lebih kaya dalam warna, dan jangkauan kontras yang tinggi termasuk lebih nyaman untuk dilihat mata, agar tidak cepat lelah.

Fitur dari layar super AMOLED juga dimiliki oleh realme XT ini, seperti pemilihan spektrum warna yang sesuai yang bisa kita pilih untuk menyesuaikan warna tampilan layar berkaitan dengan pengaruh pencahayaan sekitar ingin lebih hangat atau sejuk. Misal saat kita membaca buku di lampu penerangan kafe dengan layar kekuningan, otomatis buku yang kita baca akan kekuningan juga, dan ini juga terjadi pada layar smartphone.

Sama halnya dengan yang ada di realme X, terdapat pula fitur OSIE Vision Effect di realme XT sehingga pengalaman menonton atau bermain gim lebih hidup, jelas, dan menyenangkan pada aplikasi yang mendukungnya.

Untuk penggunaan luar ruangan ya karena ini adalah panel Super AMOLED, Anda dapat mengharapkannya terlihat sangat bagus. Layar menjadi cukup cerah untuk digunakan di bawah sinar matahari tanpa masalah.

Penggunaan layar Super AMOLED ini juga memberikan realme XT sebuah teknologi keamanan biometrik untuk membuka kunci smartphone melalui in-display fingerprint. Fitur in-display fingerprint pada realme XT terasa sangat gesit saat memindai sidik jari Anda, bahkan kurang dari 1 detik. Hal ini berkat dukungan sensor sidik jari optik Goodix terbaru serta teknologi DSP acceleration engine yang mengoptimalkan algoritma saat proses pemindaian sidik jari.

Penulis senang realme memutuskan untuk menggunakan panel super AMOLED di sini seperti halnya di realme X. Ini adalah salah satu layar terbaik dengan sensor biometrik in-display fingerprint tercepat yang akan Anda lihat dalam kisaran harga yang terjangkau ini.

Sistem operasi

Secara default ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 pengguna realme XT akan disuguhkan tampilan Home Screen yang mempunyai Drawer sehingga aplikasi yang terinstal berada di dalam Drawer. Namun apabila penggunanya tidak menyukai tampilan Drawer maka dapat mengaktifkan Standard Mode pada menu Settings sehingga aplikasi yang terinstal akan langsung dihadirkan pada Home Screen tanpa hadirnya Drawer.

Clone Apps merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada ColorOS 6.0 karena memungkinkan penggunanya dapat menggandakan aplikasi sehingga dapat menggunakan dua akun media sosial atau game sekaligus dalam satu smartphone.

Selain itu, fitur dual-split multitasking yang hadir pada realme XT dapat membantu penggunanya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Tak hanya itu, penggunanya juga dapat melakukan screenshot hanya dengan menyapu atau swipe 3 jari yang dirapatkan dari bagian atas ke bawah layar.

Fitur untuk menghilangkan tombol navigasi juga dihadirkan realme XT, cukup dengan membuka menu pengaturan, dan sub-menu bantuan praktis, pengguna dapat menghilangkan tombol navigasi dan menggantinya dengan fitur gesek dari kedua arah untuk mengejar tampilan layar yang lebih penuh lagi.

realme XT juga menghadirkan fitur kesehatan digital, dimana secara cerdas mengamati seberapa lama pengguna berinteraksi dengan smartphone, berapa kali membuka aplikasi dan berapa kali notifikasi yang diterima. Bahkan pengguna dapat mengatur timer untuk aplikasi, jika timer berakhir aplikasi akan dijeda seharian. Tentu saja ColorOS 6.0 ini masih memiliki banyak fitur yang dapat dieksplorasi oleh penggunanya.

Kamera

Sejauh ini, kamera realme XT terlihat jelas seperti kombinasi dari realme 5 Pro dan realme X. Apa yang membuat ponsel ini berbeda adalah bahwa ia adalah yang pertama hadir dengan sistem kamera quad 64MP.

realme XT memiliki pengaturan kamera yang hampir sama dengan realme 5 Pro. Anda mendapatkan lensa lebar, lensa ultra-wide, sensor kedalaman dan lensa ultra-macro. Namun, sensor IMX586 48 megapiksel milik Sony digantikan oleh sensor ISOCELL Bright GW1 64-megapiksel Samsung. Mari kita cari tahu bagaimana sensor melakukan dalam tes dunia nyata.

Secara default, kamera utama menghasilkan gambar 16MB piksel-binned, yang menangkap foto layaknya profesional yang sangat baik. Sensor 64 megapiksel pada realme XT menangkap bidikan dengan piksel yang sangat baik dengan detail luar biasa dan kebisingan yang relatif lebih sedikit.

Autofokus cepat, dan HDR berfungsi dengan baik, sedangkan saturasi warna terlihat bagus. Objek yang jauh di lanskap terlihat bagus, meskipun sedikit terlalu tajam.

Secara keseluruhan, sensor 64MP akan berguna bagi fotografer yang menghabiskan banyak waktu dalam lanskap dan fotografi jalanan. Gambar tajam dan sensor menangkap rentang dinamis yang baik.

Pengaturan empat kamera mampu mengambil foto beresolusi 9216 x 6912 yang sangat detail dalam mode Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan 16MP, memberikan detail yang sangat tajam saat diperbesar.

Dengan tangkapan yang besar Anda jadi bisa leluasa untuk meng-crop elemen yang diinginkan dalam bingkai tanpa kehilangan banyak detail. Dalam skenario penggunaan biasa, sensor 64MP sedikit berlebihan. Misalnya, jika tujuan Anda mengambil gambar adalah mempostingnya di platform media sosial, hasil pemotretan dengan piksel 16MP lebih dari cukup untuk sebagian besar kasus penggunaan.

Untuk yang menginginkan efek gambar dan warna yang lebih baik saat memotret bisa juga menggunakan mode Chroma Boost.

Untuk fotografi cahaya rendah, realme XT juga mendapatkan mode Nightscape khusus, yang bekerja relatif baik. Aplikasi ini cenderung meningkatkan warna, membuat objek atau adegan terlihat dramatis dan jelas. Namun, Anda akan membutuhkan tangan yang stabil untuk mendapatkan hasil yang baik menggunakan Nightscape.

Di bagian depan, kamera selfie realme XT dengan resolusi 16MP mampu menghasilkan swafoto yang baik. Seperti biasa, tersedia efek Beautify di kamera depannya. Flek atau wajah kurang mulus akan disulap menjadi mulus tanpa cela seperti mengenakan make-up. Namun hasil fotonya masih terlihat alami dan tidak berlebihan.

Urusan video perekaman, realme XT mendukung perekaman video pada 30fps dalam resolusi 4K, sementara Anda dapat merekam video 30fps dan 60fps pada 1080p. Kualitas gambar pada video 4K juga cukup bagus. Perekaman video pada 1080p jauh lebih baik dengan realme yang menawarkan stabilisasi gambar elektronik (EIS).

Secara keseluruhan, kinerja kamera pada realme XT cukup mengesankan. Sungguh luar biasa melihat seberapa jauh ponsel kelas menengah ini mampu menjaga performa juara dari kameranya.

Berikut beberapa contoh hasil foto realme XT di kondisi cahaya ideal tanpa penyuntingan sama sekali.


Berikut hasil penyuntingan crop pada mode Ultra 64MP.

Chroma Boost

 


Berikut hasil foto realme XT menggunakan mode Nightscape.

Kamera Selfie

Performa

Ponsel ini menggunakan prosesor mid-range anyar, Snapdragon 712 AIE. SoC buatan Qualcomm ini menggunakan 8 inti prosesor, yang seimbang antara kecepatan dan efisiensi daya dan diklaim lebih baik dari sisi kinerja multi-aplikasi maupun dari kinerja grafis dari generasi pendahulunya.

Jadi bagaimana kinerjanya? Snapdragon 712 adalah prosesor yang relatif baru dan ini sebenarnya salah satu yang terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam kisaran harga ini. Ponsel ini meluncur dengan mulus melalui aktivitas sehari-hari seperti menjelajahi internet, menggunakan aplikasi media sosial, bertukar pesan, dll. Dan menangani semuanya dengan mudah.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3DBench, perangkat realme XT mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 181872. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PCMark (Work 2.0 Performance), realme XT berhasil membukukan skor sebesar 7588.

Bermain gim di ponsel ini juga sangat menyenangkan, karena realme XT bahkan tanpa hambatan memainkan judul gim populer yang paling boros baterai seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain-lain dengan mudah. Penulis bukan gamer enthusiast, tetapi jika Anda penggila game, izinkan penulis memberitahu Anda bahwa ponsel ini tidak akan mengecewakan Anda.


Baterai

Snapdragon 712 AIE dirancang dengan desain fabrikasi 10nm yang menghadirkan manajemen daya yang lebih rendah artinya realme XT yang memiliki baterai 4.000 mAh ini punya ketahanan baterai yang perlu diacungi jempol. Dengan pola pemakaian cukup intensif, mulai dari sering chat & akses media sosial, aktif memotret dan sesekali bermain game, realme XT dapat bertahan sekitar 18 jam. Tidak hanya itu, mengisi baterai juga dapat dituntaskan dengan cepat. Dengan teknologi 20W VOOC Flash Charge 3.0 kami dapat mengisi baterainya hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 3-4 jutaan realme XT membawa kinerja serba terbaik dan inovasi terbaru. Sensor kamera ponsel 64MP lebih dari sekadar tipu muslihat terlebih Anda suka mengambil foto yang besar dari gambar ponsel Anda. Sensor besar ini tentunya menawarkan detail yang lebih baik daripada kamera 48MP.

Disisi lain dengan performa yang apik, hasil foto yang prima, layar Super AMOLED yang menawan, daya tahan baterai ekstra, serta fitur canggih seperti sensor in-display fingerprint, kesehatan digital dan pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 watt, realme XT ini kami rekomendasikan bagi Anda yang suka sesekali main game serta gemar fotografi menggunakan ponsel.

Nah, itulah review realme XT. Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda berminat meminangnya? sumber inilah.com

Loading...